Alumni SMANZA SoE Angkatan 94 Anjangsana ke Ume Manekan – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Alumni SMANZA SoE Angkatan 94 Anjangsana ke Ume Manekan

FOTO BERSAMA. Para alumni SMANZA 94 dan SMPN 1 SoE 91 foto bersama Opa J. Christian, pengasuh dan anak-anak panti asuhan di Ume Manekan, SoE, Sabtu (28/12).

Marthen Bana/TIMEXKUPANG.com

SOE, TIMEX-Belasan alumni SMA Negeri 1 (SMANZA) SoE angkatan 1994 dan alumni SMPN Negeri 1 SoE angkatan 1991 melakukan anjangsana ke Ume Manekan SoE, Sabtu (28/12). Di sana para alumni bertemu dengan pengelola/pengasuh dan anak-anak panti asuhan yang diasuh di Ume Manekan tersebut.

Rombongan yang dipimpin Ketua Ikatan Alumni SMANZA SoE Angkatan 1994, Karel Melianus Benu itu diterima langsung pendiri Ume Manekan, Opa J. Christian.

Karel Benu yang akrab disapa Rens dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa ikatan alumni SMANZA SoE angkatan 1994 dan SMPN 1 SoE 1991 tahun ini memprogramkan dua kegiatan yang bersifat sosial kemanusiaan untuk membantu sesama yang berkekurangan.

Menurut Rens, pada pertengahan tahun 2019 lalu, para alumni mengunjungi salah satu sekolah di wilayah Kecamatan Amanuban Barat dan menyerahkan sejumlah bantuan alat-alat pendidikan. Kali ini, di penghujung tahun 2019, para alumni mengunjungi anak-anak panti asuhan di Ume Manekan untuk menyerahkan sejumlah bantuan berupa sembako dan nutrisi untuk balita di panti asuhan tersebut.

“Bantuan ini hanya ala kadarnya, nilainya tidak seberapa. Kami berharap pemberian ini dapat diterima dengan sukacita tanpa melihat besar atau jumlah atau nilainya, namun ini merupakan bentuk kepedulian dari untuk berbagai dengan sesama kami,” ungkap Rens.

Rens juga dalam kesempatan itu memperkenalkan satu per satu alumni yang sempat hadir di Ume Manekan, diantaranya Debora Manulaga, Sherly Mone, Theresia Keolima, Maher Nenoliu, Jemy Lay (Olay), Adolof Donuata, Menci Veronika Kou, Sofia Margareth Duka, Adi La’a, Simson Adu, Bala Nahum Nokas, Petronela Hamid, Novanti Lena, Sapta Ton, Arit Manao, Any Pelt, dan Marthen Bana.

Sementara itu, pembina sekaligus pendiri Ume Manekan, Opa J. Christian yang menyambut kunjungan para alumni menyampaikan terima kasih dan apresiasinya karena ada sekelompok orang muda di era milenial ini yang mau peduli sesamanya dengan berbagi berkat.

Menurut Opa Christian, pemberian yang diberikan para alumni itu hanya sebentar saja dimakan akan habis, namun dibalik semua itu, pemberian para alumni ini adalah sebuah nilai perbuatan yang bersifat kekal.

“Pemberian ini tidak saja dicatat di Ume Manekan, tapi dicatat oleh Tuhan. Inilah yang paling penting nilainya,” ungkap sosok yang sudah berusia 84 tahun ini.

Menurut Opa Christian, apa yang dilakukan Rens dkk merupakan sebuah bentuk memperkuat manusia batin. “Sehebat apapun manusia lahir dengan fisik yang kuat dan gagah, namun tidak memiliki batin yang kuat, tidak akan berarti apa-apa. Kita bisa lihat Nick Vujicic, penyandang disabilitas yang tidak memiliki kedua tangan dan kaki, namun ia tetap semangat, pantang menyerah dengan hidupnya dan mampu menjadi seorang motivator hebat. Sebagai manusia lahir, Nick punya kekurangan, tetapi sebagai manusia batin dia punya kekuatan begitu luar biasa dan menginspirasi banyak orang,” ungkap Opa Christian mencontohkan.

Kepada para alumni, Opa Christian berharap agar sebagai orang muda terus memperkuat manusia batinnya dan selalu mengingat sesamanya.

Opa Christian kepada media ini mengatakan, anak-anak panti asuhan yang ditampung di Ume Manekan berjumlah 47 anak, dengan usia balita hingga remaja. “Kita berterima kasih atas kepedulian terhadap sesamanya di Ume Manekan,” ungkap Opa Christian yang memimpin doa sebelum para alumni pamitan.

Sebagaimana disaksikan media ini, dalam kegiatan anjangsana kemarin, anak-anak juga diajak bernyanyi dengan penuh riang dipimpin salah satu alumni Menci Veronika Kou. (aln/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!