Kader PMKRI Diminta Amalkan Nilai Pancasila – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Kader PMKRI Diminta Amalkan Nilai Pancasila

SAMBUTAN. Ketua termandat Forkoma PMKRI TTU, Dominikus Nitsae saat memberikan sambutan dalam kegiatan ret-ret dan fraternitas lintas generasi PMKRI regio Timor yang berlangsung di aula Laat Manekat, Kefamenanu, Minggu (29/12).

PETRUS USBOKO/TIMEX

Ret-ret dan Fraternitas Lintas Generasi

KEFAMENANU, TIMEX – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Regio Timor menggelar kegiatan ret-ret dan fraternitas lintas generasi yang berlangsung di aula La’at Manekat Kelurahan Tubuhue Kecamatan Kota Kefamenanu, Minggu (29/12).

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ret-ret dan fraternitas lintas generasi PMKRI regio Timor diantaranya alumni dan kader PMKRI aktif se-Daratan Timor. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu, Melkiades Laka Lena, Alo Min, Frans Kape, Ferdy Leu, Magnus Kobesi, Felix Bere Nahak dan Pater Kristo Tara, OFM.

Ketua paniti kegiatan ret-ret dan fraternitas lintas generasi PMKRI regio Timor, Dionisius Ulan kepada Timor Express, Minggu (29/12) menuturkan, terlaksananya kegiatan ret-ret dan fraternitas lintas generasi PMKRI regio Timor untuk merefleksi kembali perjalanan perhimpunan serta mengevaluasi kembali program kerja yang telah dilakukan selama ini.

Dikatakan, kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga besar PMKRI di Timor yakni di Kota Kupang, Kabupaten TTU, Belu dan Malaka untuk merajut kembali hubungan keharmonisan antara sesama alumni yang sudah lama berpisah.

“Kegiatan ini dijadikan sebagai kegiatan untuk melakukan refleksi perjalanan perhimpunan dan membangun relasi antara senior dan alumni untuk menjaga arah dan tujuan perjuangan dari PMKRI,” tuturnya.

Ketua termandat Forkoma PMKRI TTU, Dominikus Nitsae dalam sambutanya menuturkan, Forkoma PMKRI sudah berdiri di Kabupaten TTU sejak lima tahun yang lalu. Di usia yang masih kanak-kanak, Forkoma PMKRI TTU mampu menghadirkan seluruh alumni di regio Timor untuk mengikuti kegiatan ret-ret dan fraternitas lintas generasi.

Dikatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menghidupkan kembali forum komunikasi alumni sebagai wadah berkumpulnya para kader PMKRI guna memberikan diri dalam mendukung pembangunan bangsa dan gereja.

“Ini sungguh luar biasa, Forkoma PMKRI TTU baru berdiri sejak lima tahun yang lalu, namun mampu menghadirkan seluruh alumni regio Timor. Kita ingin Forkoma tetap jaya dalam mendukung pembangunan bangsa dan gereja,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebagai kader PMKRI harus mampu memberikan yang terbaik kepada bangsa dan gereja. Kader PMKRI dituntut untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di mana saja berada.

Menurut Dominikus, kader PMKRI dituntut mengikuti perkembangan zaman, sehingga tidak melek teknologi. Hal tersebut dipandang penting lantaran dunia kerja saat ini banyak menggunakan teknologi, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para kader PMKRI.

“Kader PMKRI harus mampu mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Namun, tidak lupa juga kader PMKRI harus mampu memgamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Forkoma PMKRI NTT, Kristoforus Efi menuturkan, sejak berdiri tahun 2002 di NTT terus bergerak membuka jaringan di setiap daerah sehingga melalui kegiatan ret-ret dan fraternitas lintas generasi PMKRI regio Timor dapat memberikan dampak positif bagi seluruh kader PMKRI di wilayah regio Timor bahkan Indonesia.

Dikatakan, kegiatan yang bersamaan dengan momentum hari raya Natal dan Tahun Baru dijadikan sebagai momen untuk kembali merefleksi perjalanan PMKRI di wilayah Timor. Selain itu, setiap kader PMKRI dituntut untuk merasa memiliki wadah tersebut sehingga komunikasi antarkader terus dijalin dengan baik.

“Kader PMKRI itu datang dari latar belakang yang berbeda, sehingga melalui kegiatan ini kebersamaan antarkader baik aktif maupun alumni harus terus dijaga dan dipelihara diatas perbedaan. Kita harus memberikan warna tersendiri,” pungkasnya. (mg26/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!