“Harus Siap Hadapi Tantangan 2020” – Timor Express

Timor Express

METRO

“Harus Siap Hadapi Tantangan 2020”

MERIAH. Suasana perayaan pesta rakyat akhir tahun di alun-alun rumah jabatan gubernur NTT, Selasa, (31/12).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Pesan Gubernur NTT

KUPANG, TIMEX – Memasuki tahun 2020, pemerintah dan masyarakat NTT harus siap menghadapi berbagai tantangan yang masih misteri. Ini menjadi pijakan mewujudkan NTT bangkit dan sejahtera.

Hal ini disampaikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat menghadiri pesta rakyat akhir tahun di alun-alun rumah jabatan gubernur NTT, Selasa, (31/12). Viktor juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat NTT karena terus menginginkan adanya perubahan pembangunan di NTT agar menjadi provinsi yang diperhitungkan di Indonesia.

Dikatakan, tahun 2020 memiliki banyak tantangan yang mesti dihadapi. Namun keyakinan iman sebagai kunci untuk membenahi diri agar bisa melayani masyarakat NTT dengan lebih baik. “Saya memastikan bahwa Provinsi NTT terus maju ke depan. Banyak orang meragukan itu, tetapi saya berkeyakinan NTT terus berubah setiap tahunnya,” ujarnya.

Ditegaskan setiap perubahan pasti datang dari pemimpinnya. Jika pemimpinnya bodoh dan tidak ada keberanian dan malas, maka tidak akan ada kemajuan. Sebaliknya, jika pemimpin rajin, pintar dan memiliki rasa kepedulian, maka dipastikan daerah yang dipimpinnya itu akan maju.

Terhadap komitmen itu, di masa kepemimpinannya seluruh struktur dan perangkat organisasi pelayanan publik di NTT harus memotivasi diri untuk berubah menjadi lebih baik. “Seluruh perangkat organisasi pelayanan publik di NTT harus memotivasi diri agar terus melakukan perubahan yang lebih baik. Itu adalah perintah,” tegasnya.

Secara tegas ia mengatakan semua komponen mesti harus siap menghadapi tantangan-tantangan di tahun 2020. “Kita akan berhadapan dengan tantangan-tantangan itu sebagai manusia-manusia yang siap dengan cara berpikir yang hebat dan keyakinan bahwa Tuhan akan menyertai pekerjaan yang mulia agar NTT terus berkembang ke depannya,” tutupnya. Selain Gubernur, Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs. Jhoni Asadoma juga membeberkan kondisi kamtibmas di wilayah NTT sepanjang tahun 2019.

Dalam sambutannya ia mengatakan situasi kamtibmas selama tahun 2019 tidak ada kejadian yang menonjol. “Kami sangat mengapresiasi karena masyarakat telah memberikan hak suaranya secara dewasa pada pilpres maupun pileg,” ujarnya.

Disampaikan, terdapat 10 kejadian pidana yang sering terjadi yakni penganiayaan sebanyak 1.902 kasus. Ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Kemudian, kasus pengeroyokan, pencurian, curanmor khusus roda dua sebanyak 200 kasus.

Selain itu disusul kasus korupsi, kasus narkoba dan kasus handak serta kasus trafficking. “Untuk prosesnya semua hampir tertangani. Jumlah gangguan kamtibmas ini merunur 18,33 persen dari tahun 2018 dan diharapkan di tahun 2020 nanti lebih menurun lagi,” katanya.

Ditambahkan kasus yang juga banyak terjadi dan korbannya adalah masyarakat sendiri, yakni kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Menurutnya, korban meninggal dunia di jalan raya cukup tinggi. “Kami terus melakukan upaya-upaya agar dapat menurunkan semua kejadian kejahatan dan lakalantas ini,” tandasnya.

Pantauan Timor Express, Pesta Rakyat Akhir Tahun itu dihadiri Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi didamingi Ketua PKK NTT, Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs. Jhoni Asadoma, perwakilan dari Danrem 161 Wirasakti, seluruh pimpinan OPD Lingkup NTT, Direksi Bank NTT dan ribuan masyarakat NTT.

Acara tersebut diawali dengan pembagian doorprize kepada warga yang hadir, khususnya yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Bank NTT.

Ada juga persembahan lagu-lagu dari artis-artis yang dihadirkan. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dibawakan oleh lima pemuka agama, yakni dari Kristen, Katolik, Islam, Hindu dan Buddha. Pada kesempatan itu, warga yang hadir juga menikmati pangan lokal secara gratis. Acara tersebut ditutup dengan pesta kembang api. (mg29/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!