Pegawai Pemkot Wajib Masuk – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Pegawai Pemkot Wajib Masuk

Hari Pertama Kerja

KUPANG, TIMEX – Surat Keputusan (SK) Gubernur NTT menetapkan bahwa libur Natal dan Tahun Baru 2020 sampai tanggal 2 Januari 2020.

Selanjutnya, semua staf pegawai pemerintah wajib kembali berkantor pada Jumat (3/1).

Hal ini juga berlaku di lingkup Pemerintah Kota Kupang, yang telah menetapkan tanggal 3 Januari 2020 sebagai hari pertama kerja di tahun 2020.

Hal ini diakui oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kupang, Elvianus Wairata, saat diwawancarai via ponsel, Rabu (1/1).

Elvianus mengaku, semua staf Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun staf tenaga Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkup Pemkot Kupang wajib masuk kerja hari pertama pada Jumat (3/1).

Pasalnya, di hari pertama kerja ini akan digelar apel pertama di tahun baru 2020.

Dalam apel ini juga akan dilakukan absen baik secara tertulis atau langsung tandatangan, maupun menggunakan absen elektronik.

“Di hari kerja pertama dalam tahun 2020 ini tentunya akan dilakukan absen. Diharapkan semua staf hadir, karena sudah diinformasikan, jika tidak maka akan diberikan sanksi tegas. Hal ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya, sehingga diminta agar semua ASN dan PTT dapat mentaatinya,” ungkapnya.

Elvianus Wairata mengaku, di hari pertama kerja ini akan menjadi bahan evaluasi, bagaimana disiplin seorang pegawai, termasuk tepat waktu saat kerja.

Karena biasanya menurut dia, di hari pertama kerja ini, banyak pegawai yang tidak masuk dengan alasan masih berlibur di luar daerah dan lainnya.

“Kami juga akan lihat alasan ketidakhadiran yang disampaikan. Jika alasannya bisa diterima maka akan diberikan keringanan,  namun jika ada yang dengan sengaja tidak masuk kantor, maka akan diberikan sanksi tegas, berupa peringatan, teguran tertulis dan lisan, serta menjadi salah satu bahan penilaian,” ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa semua PTT wajib hadir dalam apel hari pertama ini, karena akan menjadi bahan evaluasi penting bagi pemerintah, untuk memperpanjang dan tidak kontrak kerja baru di tahun 2020.

“PTT wajib hadir, karena ini akan menjadi salah satu penilaian untuk memperpanjang dan tidaknya kontrak kerja di tahun 2020. Jika memang tidak hadir, maka alasan yang diberikan pun harus masuk akal dan bisa diterima agar dapat diberikan pengecualian,” ungkapnya.

Selain apel hari pertama di Balai Kota Kupang, semua kantor,  kelurahan, kecamatan dan lainnya, wajib mengirimkan semua absensinya.

“Jadi semua akan dikirimkan ke Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang untuk direkap dan akan diserahkan ke Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang,” pungkas Elvianus Wairata. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!