Taiwan Tolak Tawaran Tiongkok – Timor Express

Timor Express

INTERNASIONAL

Taiwan Tolak Tawaran Tiongkok

TAIPEI, TIMEX – Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen dengan tegas menolak konsep ‘satu negara, dua sistem’ yang ditawarkan Tiongkok sebagai solusi konflik kedua negara. Menurut dia, konsep tersebut sudah terbukti tidak berhasil di Hong Kong.

“Rakyat Hong Kong telah memperlihatkan kepada kami bahwa kebijakan satu negara dua sistem jelas tidak layak,” kata Tsai, Rabu (1/1).

Tsai, yang mengincar masa jabatan kedua lewat pemilu 11 Januari mendatang, juga bersumpah mempertahankan kedaulatan Taiwan. Dia mengatakan, pemerintahannya akan membangun mekanisme untuk melindungi kebebasan dan demokrasi saat Beijing meningkatkan tekanan terhadap wilayah itu.

Ketakutan terhadap Tiongkok menjadi unsur penting dalam kampanye pemilu di Taiwan. Demonstrasi tak berkesudahan di Hong Kong makin membuat warga Taiwan ogah kembali bersatu dengan Tiongkok.

“Di bawah kebijakan satu negara, dua sistem, situasi terus memburuk di Hong Kong. Kredibilitas satu negara dua sistem telah dinodai oleh penyalahgunaan kekuasaan pemarintah,” ucap Tsai. (dil/jpnn/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!