Bantuan Seragam Sekolah Plus Tas – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Bantuan Seragam Sekolah Plus Tas

DPRD Ingatkan Harus Berkualitas dan Tepat Sasaran

KUPANG, TIMEX – Pada sidang anggaran murni tahun 2020 Pemerintah Kota Kupang bersama DPRD Kota Kupang, telah disetujui anggaran sebesar Rp 10,6 miliar untuk bantuan pakaian seragam sekolah bagi siswa-sisiwi di Kota Kupang.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, mengatakan, bantuan pakaian seragam sekolah bagi siswa-siswi di Kota Kupang ini akan diberikan kepada siswa PAUD, TK, SD dan SMP di Kota Kupang yang benar-benar merupakan warga Kota Kupang.

“Kami memperioritaskan kepada anak-anak sekolah yang orangtuanya tidak mampu. Memang menurut keluarga yang mampu, bantuan ini dirasakan sepele, namun bagi keluarga kurang mampu, bantuan pemerintah ini sangat bermanfaat,” kata Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore yang diwawancarai di Kupang, Kamis (2/1).

Wali Kota mengaku pernah berkunjung ke sebuah keluarga di TPA Alak, dan ada dua orang anak yang sekolah, namun anak yang satu harus menunggu kakaknya kembali dari sekolah barulah adiknya memakai seragam yang sama untuk ke sekolah.

“Saya melihat sendiri, dan saya sangat sedih, kenapa anak-anak yang ingin sekolah harus mengalami kesulitan ini. Di sinilah Pemerintah Kota Kupang hadir untuk memberikan bantuan, setelah dilakukan survei, memang banyak keluarga miskin yang membutuhkan bantuan seragam sekolah ini,” katanya.

Jefri mengaku, jika tahun 2019 lalu, pemerintah hanya memberikan bantuan ini pada 10 ribu lebih siswa-siswi, itu pun hanya pakaian seragam sekolah, maka di tahun 2020 ini, pemerintah akan memberikan bantuan seragam sekolah beserta tas sekolah bagi sekitar 40 ribu siswa-siswi.

“Kami membagikan kepada semua sekolah, dengan berbagai ukuran yang telah dimasukan oleh sekolah-sekolah. Jadi sistemnya akan dirubah, yaitu setiap sekolah akan memasukan daftar ukuran baju yang dibutuhkan, itu yang akan dibagikan,” ungkapnya.

Wali Kota mengaku, di tahun 2020 ini, bantuan pakaian seragam sekolah dan tas sekolah akan dilakukan pendataan terlebih dahulu, agar tepat sasaran, termasuk ukuran pakaian seragam.

“Dia juga meminta masyarakat agar dapat mendukung program pemerintah ini, jika ada anak yang ukuran pakaiannya tidak sesuai, maka dapat dilaporkan agar dapat ditukarkan dengan ukuran yang sesuai,” ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Kupang, Diana Bire,  mengatakan, bantuan pakaian seragam sekolah ini memang disetujui di pembahasan tingkat Komisi dan Badan Anggaran.

Diana Bire yang merupakan anggota Komisi IV DPRD Kota Kupang yang adalah mitra Dinas Pendidikan, mengaku, dengan disetujuinya anggaran bantuan pakaian seragam sekolah ini, maka pemerintah harus bisa memberikan bantuan ini agar tepat sasaran.

“Jika bantuan yang diberikan tidak tepat sasaran maka tentunya manfaatnya tidak dirasakan oleh penerima, Jadi bantuan harus tepat sasaran dan masyarakat yang menerima bantuan ini pun benar-benar merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Diana mengaku setuju dengan program bantuan pakaian seragam sekolah ini. Pasalnya semua program yang tujuannya untuk membantu masyarakat haruslah didukung, dan yang terpenting adalah kualitas dan sasaran penerima harus tepat.

“Anggaran Rp 10,6 miliar ini tentunya anggaran yang besar, maka dalam pelaksanaannya diharapkan tepat sasaran dan dengan kualitas pakaian yang baik. Kita sebagai DPRD yang adalah mitra pemerintah akan selalu mengawasi,” ungkapnya. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!