Belum Ada Pemeriksaan Saksi di KPK – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Belum Ada Pemeriksaan Saksi di KPK

JAKARTA, TIMEX-Kegiatan penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seolah mati suri sejak pimpinan dan dewan pengawas (dewas) dilantik 20 Desember lalu. Nyaris belum ada penyidikan baru yang diumumkan komisi antirasuah itu hingga kemarin (2/1). Bahkan, kegiatan pemeriksaan saksi yang biasanya dilakukan KPK juga tidak terlihat.

Seperti kemarin, misalnya, bidang penindakan KPK sama sekali tidak mengagendakan pemeriksaan saksi. Begitu pula beberapa hari menjelang liburan akhir tahun bulan lalu. Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya memang tidak mendapat informasi adanya kegiatan pemeriksaan dari bagian penindakan. “Riksa (pemeriksaan saksi) hari ini (kemarin, Red) nggak ada,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Meski demikian, KPK berdalih sepinya kegiatan pemeriksaan itu bukan berarti upaya penindakan korupsi mati suri. Menurut Ali, hari ini kegiatan pemeriksaan akan kembali dilakukan. Bahkan, dia menyebut saksi yang akan diperiksa cukup menarik. “Besok (hari ini) dipastikan (ada kegiatan pemeriksaan saksi, Red),” ucapnya. Rencananya ada 3 saksi yang dipanggil hari ini. Namun, Ali belum mau menyebut siapa saja saksi itu.

Semenjak berlakunya UU No. 19/2019 tentang KPK, kegiatan penindakan korupsi cenderung meredup. KPK lebih fokus pada proses peralihan pegawai tetap menjadi aparatur sipil negara (ASN) sebagaimana perintah UU hasil revisi tersebut. Ali mengatakan pihaknya sudah mendorong pemerintah untuk merancang peraturan terkait manajemen kepegawaian serta sumber daya manusia (SDM) di KPK.

Peralihan itu sejatinya telah diatur dalam rancangan Peraturan Presiden (Perpres). Namun, Ali mengaku sampai sekarang pihaknya belum mengetahui isi perpres itu. “Kebetulan dari kami (KPK) tidak dilibatkan untuk membahas itu (pepres soal KPK, Red),” papar pegawai KPK berlatar belakang jaksa tersebut. (tyo/jpg/ito) 



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!