Polisi-Dishut Bentuk Tim Lacak Pembalakan Liar – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Polisi-Dishut Bentuk Tim Lacak Pembalakan Liar

AMANKAN. Barang bukti berupa kayu dolgen yang berhasil diamankan tim Satreskrim Polres TTU.

PETRUS USBOKO/TIMEX

Di Kawasan Hutan Bifemnasi-Sanmahole

KEFAMENANU, TIMEX – Penyidik Satreskrim Polres TTU bersama petugas Dinas Kehutanan Provinsi NTT melakukan pelacakan pembalakan kayu jati di kawasan hutan Bifemnasi-Sanmahole di Desa Tautpah Kecamatan Biboki Selatan, belum lama ini.

Sesuai dengan hasil pelacakan, Dinas Kehutanan Provinsi NTT membenarkan para pelaku melakukan pembalakan secara liar di kawasan hutan negara tanpa mengantongi izin dari Kementerian Kehutanan.

Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Tatang Prajitno Panjaitan kepada Timor Express, Kamis (2/1) menuturkan, penyidik Satreskrim Polres TTU terus bekerja maraton untuk mengusut tuntas kasus dugaan tindak pidana penebangan liar atau illegal logging yang terjadi di kawasan hutan negara Bifemnasi-Saonmahole Desa Tautpah Kecamatan Biboki Selatan.

Dikatakan, pihak kepolisian bersama tim dari Dinas Kehutanan Provinsi NTT telah mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pelacakan kayu yang sebelumnya ditebang para pelaku.

“Tim dari Polres TTU dan Dinas Kehutanan Provinsi NTT sudah turun lokasi untuk lacak. Hasilnya itu benar bahwa kayu jati yang dipotong oleh para pelaku itu berada di dalam kawasan hutan negara,” tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini penyidik sementara merampungkan berkas perkara kasus tersebut untuk segera dilakukan pelimpahan tahap satu ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri TTU.

Ia optimistis, kasus yang menyeret sembilan orang pelaku itu akan secepatnya dilimpahkan ke JPU guna mendapat petunjuk lanjutan, sehingga proses hukum terhadap kasus itu segera tuntas.

“Penyidik sementara rampungkan berkas perkara. Dalam waktu dekat kita akan limpahkan ke JPU untuk diteliti sambil menunggu petunjuk lanjutan. Kita akan tuntaskan kasus ini,” jelasnya.

Sebelumnya, penyidik Satreskrim Polres TTU terus melakukan pengembangan kasus pembalakan liar yang terjadi di kawasan hutan negara Bifemnasi-Sanmahole di Desa Tautpah.

Pasca dilakukan penangkapan empat orang pelaku di sekitar Pustu Manenu Kecamatan Biboki Selatan, Jumat (12/10) lalu, kini Satreskrim Polres TTU menangkap lagi lima orang pelaku yang memiliki peran berbeda dalam kasus tersebut, sehingga jumlah pelaku bertambah menjadi sembilan orang.

Para pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka kini diamankan di sel Mapolres TTU guna kepentingan penyidik dalam mengusut tuntas dugaan kasus pembalakan liar.

Atas tindakan tersebut, para pelaku dijerat Pasal 82 ayat (1) huruf b dan Pasal 83 (1) huruf a Undang-undang Nomor 18/2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (mg26/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!