ASN Kemendag Diharapkan Jadi Contoh Kerukunan – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

ASN Kemendag Diharapkan Jadi Contoh Kerukunan

ENDE, TIMEX – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, Wilhelmus Yohanes Ndoa berharap agar jajaran ASN di Kementerian Agama yang dipimpinnya harus menjadi contoh kerukunan umat beragama. Hal ini dikatakan usai upacara memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama tingkat Kabupaten Ende, Jumat (3/1).

“Kerukunan bisa tercapai kalau kita saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lain. Karena itu saya sangat mengharapkan agar ASN yang ada dilingkungan Kementerian Agama untuk menjadi contoh kerukunan,” ujar dia.

Wilhelmus mengatakan, Kementerian Agama sesuai perannya ingin menjadi fasilitator, mediator dan perekat semua umat beragama. Karena itu, sesuai peranannya akan mengayomi semua pemeluk agama manapun sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 29 ayat (2).

“Jika kita sudah rukun apapun pembangunan yang kita laksanakan akan berjalan dengan baik dan sukses. Karena itu sekali lagi ASN Kemendag harus beri contoh kerukunan,” ujar dia.

Sementara itu, terkait dengan bagaimana mencegah paham radikalisme agar tidak ada di Kabupaten Ende atau tidak berkembang, Wilhelmus mengatakan, pihaknya akan terus bergiat untuk menata dan memberikan pemahaman kepada umat beragama untuk bersama memerangi paham radikalisme demi keutuhan NKRI.

Dikatakan, dalam kaitan dengan hal tersebut, pihaknya akan memperkuat empat pilar kebangsaan melalui berbagai kegiatan berupa sosialisasi atau apapun kegiatan. Selain itu, akan merajut kebersamaan, saling menghormati satu sama lain antara umat beragama.

Dia mengatakan akan terus memperjuangkan toleransi beragama dan mengajak umat beragama untuk berpikir positif terhadap agama manapun dan tidak berpikir keliru ke kiri atau ke kanan, sehingga kedamaian bisa tercapai.

“Kita akan rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan meski beda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan,” pungkasnya.

Dalam menyongsong peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama juga dilakukan beberapa kegiatan ditingkat Kabupaten Ende.

Dia menyebutkan diantaranya, bakti sosial, donor darah, pemberian bingkisan kasih kepada anak panti, para lansia serta kegiatan internal lainnya yakni pertandingan olahraga. (kr7/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!