Bupati Harap Warga Tanazozo Rawat Air Bersih – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Bupati Harap Warga Tanazozo Rawat Air Bersih

RESMIKAN. Bupati Ende, Djafar Achmad meresmikan air bersih di Desa Tanazozo Kecamatan Nangapanda, Sabtu (4/1).

ALEX SEKO/TIMEX

ENDE, TIMEX – Bupati Ende, Djafar Achmad berharap agar masyarakat Desa Tanazozo Kecamatan Nangapanda merawat air bersih dan juga sanitasi yang ada di desa tersebut. Hal tersebut disampaikan Djafar saat  meresmikan penggunaan penyediaan air bersih program Pamsimas tahun anggaran 2019 di Desa Tanazozo Kecamatan Nangapanda, Sabtu (4/1).

Saat menyampaikan sambutan Djafar Achmad mengatakan, peristiwa peresmian air bersih di awal tahun 2020 merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa bagi masyarakat Desa Tanazozo yang selama ini merindukan tersedianya air bersih.

“Peresmian air bersih harus disyukuri karena adanya bantuan dari pemerintah daerah melalui program Pamsimas bagi masyarakat Tanazozo di awal tahun 2020,” kata Djafar.

Karena itu sambung Djafar, sudah menjadi kewajiban masyarakat Desa Tanazozo untuk merawat dan menjaga sarana air bersih yang sudah ada, sehingga dapat digunakan bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat akan tersedianya air bersih.

Ia menyadari kebutuhan akan air bersih sebagai kebutuhan vital masyarakat, maka pemenuhan akan air bersih sudah harus dilakukan. Untuk maksud itu, dalam kepemimpinannya ia akan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan air bersih secara bertahap.

Dia menegaskan, pemerintah memberikan apresiasi kepada semua pihak yang melalui program Pamsimas telah berhasil memberikan kontribusi dalam penanganan permasalahan pembangunan air bersih dan sanitasi serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pola pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Ende.

“Pemerintah sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang melalui program Pamsimas telah memberikan kontribusi dalam menangani masalah air bersih khususnya di desa ini,” ujar dia.

Djafar menyinggung soal program pembangunan yang tengah berjalan saat ini yang dia sebut sebagai  program Marsel-Djafar dan  yang saat ini ia lanjutkan. Karena itu dirinya berkeinginan  membangun dan membuat masyarakat sejahtera.

Sementara Camat Nangapanda, Oktavianus Rua Putra saat menyampaikan sapaan di awal kegiatan mengatakan, kehadiran air bersih melalui program Pamsimas sangat membantu masyarakat.

Menurutnya, masyarakat saat ini  sangat mendukung program pemerintah dalam upaya penyediaan air bersih. Hal ini ia katakan, mengingat selama ini banyak terjadi konflik di tengah masyarakat terkait program penyediaan air bersih. Untuk  itu ia menyampaikan terima kasih untuk dukungan masyarakat.

“Pada akhirnya bisa berjalan program ini ditengah konflik masyarakat. Karena itu terima kasih kepada pemerintah daerah serta masyarakat atas dukungan sehingga hari ini sudah bisa diresmikan oleh Bupati Ende,” ujar dia.

Diakui, selama ini ada beberapa wilayah yang benar-benar mengalami kekurangan air bersih. Dengan adanya program Pamsimas dia berharap dapat membantu masyarakat Kecamatan Nangapenda khususnya yang belum disentuh air bersih, sehingga warga dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari seperti masak dan mencuci serta mandi.

Sementara itu, fasilitator teknik Pamsimas Kabupaten Ende, Obi Maxmelian Wila dalam laporannya mengatakan, program Pamsimas bertujuan meningkatkan jumlah fasilitas air bersih dan sanitasi serta diimbangi dengan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.

Pekerjaan air bersih kata dia, bersumber dari dana APBD sebesar Rp 250 juta, dana desa Rp 115 juta dan swadaya masyarakat Rp 14.300.000. Dengan dana yang ada mengerjakan beberapa item pekerjaan seperti bak penampung, perpipaan, kran umum, panel surya dan captering.

”Memang selama ini ada beberapa wilayah yang benar-benar mengalami kekurangan air bersih. Semoga dengan adanya program Pamsimas dapat membantu masyarakat Kecamatan Nangapenda,” ungkapnya.

Dengan adanya air bersih, sehingga warga dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari seperti masak dan mencuci serta mandi. (kr7/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!