Coast Guard Cina Masuk Laut Natuna – Timor Express

Timor Express

NUSANTARA

Coast Guard Cina Masuk Laut Natuna

KEPRI

Meski TNI menggelar operasi siaga tempur di laut Natuna Utara, hingga saat ini coast guard Cina masih masuk ZEEI di laut Natuna Utara untuk mengawal kapal ikan.

Bahkan menurut Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I), Laksamana Madya (Laksdya ) TNI Yudo Margono, saat ini tiga coast guard Cina masih masuk dan mengawal kapal ikan nelayan Cina.

Posisi keberadaa coast guard Cina ini sambungnya, berada pada 130 nautical mil Timur Laut pulau Bunguran. Saat ini sudah berhadapan dengan dua KRI.

“Saat ini KRI Tengku Umar dan KRI Tjiptadi yang sedang patroli langsung melakukan komunikasi ke Kapal Coast Guard Cina dan meminta untuk segera meninggalakan Wilayah ZEE Republik Indonesia,” katanya usai melakukan patroli udara di bandara Lanud Raden Sadjad, Sabtu (4/1).

Dalam kondisi ini sambungnya, TNI melalui dua KRI masih melakukan tindakan persuasif agar coast guard Cina meninggalkan wilayah ZEEI di laut Natuna. Situasi ini akan terus dilakukan hingga kapal asing ini meninggalkan wilayah ZEEI.

“Tindakan pengusiran ini akan terus dilakukan, baik di lapangan maupun secara diplomatik oleh Kemenlu,” ujarnya.

Dijelaskan Yudo, pelanggaran batas laut sudah terjadi sejak 2016 lalu dan tahun ini terulang lagi. Sementara hubungan strategis antara Indonesia dan Tiongkok sudah berjalan baik sejak lama. Insiden ini tentunya diharapkan tidak memperkeruh suasana akibat persoalan batas laut.

“Sebenarnya coast guard Cina, nelayan cina, ini kan memancing kita, padahal mereka sudah mengakui itu ZEE Indonesia, namun sekarang mereka mengingkarinya dengan mendatangkan coast guard,” jelasnya. (arn/jpg/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!