Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang

NATAL. Keluarga besar Benggu pose bersama saat perayaan Natal, Sabtu (4/1).

IST

Natal Keluarga Besar Benggu 

KUPANG, TIMEX – Sahabat memiliki makna lebih dari seorang teman. Sosok atau seseorang bisa juga lebih dari satu yang selalu ada bagi kita dalam setiap kondisi hidup. Susah maupun senang, baik maupun buruk menjalani dan berhadapan dengan peristiwa hidup.

“Kita merenungkan bagian Firman Tuhan ini di mana Tuhan Yesus sendiri yang mendorong murid-muridNya dalam kaitan dengan upaya mentaati dan menjalankan selalu segala ajaran bagi kehidupan mereka. Khususnya kali ini kita bicara tentang bagaimana mereka mesti mengasihi satu sama lain. Dasar dari melakukan kasih itu, Yesus menguraikan dalam beberapa bentuk,” kata pelayan Gereja GMIT Galed Kelapa Lima, Pdt Victoria H Nenoai-Bathun, STh dalam khotbahnya pada ibadat Natal Keluarga Besar Benggu, di kediaman Anton Benggu, Sabtu (4/1).

Pembacaan Firman Tuhan yang terambil dari Yohanes 15:9-15 itu, Pdt Victoria menguraikan, Lembga Alkitab Indonesia dengan tepat menggunakan istilah sahabat sebagai cara untuk menguraikan lebih secara sederhana bagaimana Yesus mendorong para muridNya melaksanakan apa yang diajarkanNya ketika mereka menjadi sahabat.

“Kita tahu bahwa sahabat itu lebih dari teman yang lebih dekat. Bahkan, kadang-kadang lebih dekat dari keluarga sekalipun. Dalam konteks bacaan kedekatan seperti itulah yang hendak digambarkan Yesus ketika murid-muridNya memberi dirinya untuk melakukan apa yang diajarkan kepadanya,” ujarnya.

Pdt Victoria menjelaskan, menjadi sahabat Kristus berarti menerima yang terindah dan berharga itu nampak dalam pengorbanaanNya, dalam kedamaianNya yang dinyatakan dalam diri Kristus untuk menyelamatkan dan untuk menjadikan manusia kembali kepada situasi semula yaitu diperbaharui dalam relasi kepada Allah dan sesama ciptaanNya.

“Dalam konteks ini, Yesus mengajak para murid untuk melihat bahwa untuk menjadi sahabat Kristus adalah memberi diri untuk menerima bahagian yaitu keselamatan yang dikerjakan oleh Kristus. Itu adalah hadiah yang sangat berharga yang kita berikan kepada sahabat kita yang kita kasihi,” ungkapnya.

Dijelaskan, Yesus menjadikan diriNya sahabat manusia dengan penderitaan dan KematianNya. Karena itu, ketika seseorang menjadi sahabat bagi Kristus atau bagi Yesus, menerima sesuatu yang sangat berharga yaitu keselamatan yang telah dikerjakan oleh Kristus bagi kita.

“Menjadi sahabat bagi Kristus adalah ketika saudara dan saya mau berbuat apa yang diperintahkan oleh Kristus kepada kita. Hidup dalam satu persekutuan dalam keluarga besar Benggu kita membutuhkan sikap-sikap seperti itu, memelihara kebesaran jiwa, lapang dada menerima dalam berbagai keadaan dan kondisi dan kemudian melanjutkan tindakan-tindakan itu dengan semua orang, dengan sesama ciptaan Tuhan yang kita jumpai dalam interaksi hidup kita dengan mereka,” katanya.

Menurut Pdt Victoria, merayakan Natal bukanlah sesuatu yang perhatian pada seremoni atau ibadah saja. Tapi melanjutkan apa yang terjadi yang diucapkan dalam pengakuan juga dalam perenungan Firman Tuhan dalam hidup sehari-hari. Itu adalah Natal yang sesungguhnya.

“Sebab, perayaan Natal yang sesungguhnya adalah cara di mana Allah menjadi sesama bagi manusia. Menjadi sahabat bagi manusia, maka manusia juga ketika merayakan Natal mesti menjadi sahabat bagi orang lain. Sahabat bagi sesama ciptaan Tuhan. Untuk itu kita harus berlapang dada, berjiwa besar untuk menjadi sahabat bagi sesama kita,” ungkapnya.

Dijelaskan, persahabatan Kristus tidak bersifat timbal balik. Persahabatan dengan Kristus bukanlah sesuatu yang sifatnya timbal balik.

“Artinya kita melakukan sesuatu supaya Kristus melakukan. Sebab, jauh sebelum kita menjadi sahabat-sahabat Kristus, Dia terlebih dahulu mengasihi kita dan memberi diri jauh sebagai seorang sahabat. Allah bersedia menjadi manusia dalam rupa manusia dan merasakan apa yang dialami oleh manusia supaya memanusiakan kembali manusia,” ungkapnya. (ays/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!