Hujan Angin, Jaringan Listrik Rusak – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Hujan Angin, Jaringan Listrik Rusak

LONGSOR. Salah satu titik longsor di jalur Ruteng-Reo, yang mengakibatkan jaringan listrik rusak.

FANSI RUNGGAT/TIMEX

BORONG, TIMEX – Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan listrik di sejumlah wilyah di Kabupaten Mangggarai dan Manggarai Timur (Matim) mengalami pemadaman sejak, Sabtu (4/1) hingga Minggu (5/1). Lantaran tiang listrik tumbang karena tanah longsor.

Selain itu, sejumlah pohon di pinggir jalan tumbang. Bencana tumbangnya pohon mengenai dan memutus jaringan kabel listrik PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ruteng. Wilayah yang kena dampak dari pemadaman listrik, yakni untuk Kabupaten Matim, masing-masing wilayah Kecamatan Poco Ranaka, Poco Ranaka Timur dan sejumlah desa di Kecamatan Rana Mese.

Selain itu, sebagian wilayah Kecamatan Borong. Untuk Kabupaten Manggarai, yakni sebagian Kecamatan Wae Ri’i, Kecamatan Cibal dan Cibal Barat serta sebagian wilayah Kecamatan Satar Mese. Pemadaman yang terjadi dikeluhkan warga. Tapi atas peristiwa itu, PLN langsung berupaya melakukan penanganan.

Warga Kecamatan Rana Mese dan Borong, Sipri Barus dan Tina Lunur kepada Timor Express, Minggu (5/1) mengatakan, arus listrik ke wilayah itu sering mengalami gangguan. Bahkan, pemadaman listrik terjadi sejak, Sabtu (4/1) sekira pukul 02.00 hingga malam hari sekira pukul 21.00. Pagi harinya, Minggu (5/1) kembali padam.

“Kemarin hampir sehari listrik padam. Tadi pagi juga listriknya tidak stabil nyala. Sedikit padam, sedikit nyala. Kami juga heran, kenapa terjadi seperti ini. Apalagi kalau pemadaman listrik terjadi hingga belasan jam lamanya,” ungkap Sipri Barus.

Hal yang sama dikeluhkan Mery Lasti Daru, warga Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Kepada Timor Express melalui sambungan telepon mengatakan, sejak semalam, Sabtu (4/1) hingga Minggu (5/1) pagi hari, listrik d wilayah itu padam. Akibatnya, malam hari rumah warga jadi gelap. Aktivitas yang gunakan arus listrik jadi terganggu. Ia berharap, listrik ke wilayah itu kembali normal.

“Kami dengar peristiwa pemadaman itu terjadi karena adanya gangguan jaringan listrik di sejumlah titik dari wilayah Ruteng ke sini. Setelah hujan serta angin kencang sejak  Sabtu sampai tadi pagi, yang melanda wilayah Manggarai. Kami berharap, PLN cepat mengatasinya,” pintanya.

Sementara, Manajer PLN ULP Ruteng, Firmawan Jayusman, yang dikonfirmasi, Minggu (5/1) menjelaskan, terjadi pemadaman listrik di sejumlah wilayah Kabupaten Matim dan Manggarai, karena terjadi bencana alam. Setelah wilayah Kota Ruteng dan sekitarnya serta sebagian wilayah Kabupaten Matim dilanda hujan disertai angin kencang.

“Ada beberapa wilayah yang terjadi pemadaman. Hal itu terjadi karena adanya cuaca yg kurang kondusif, seperti hujan lebat sepanjang hari serta angin kencang. Peristiwa ini yang menyebabkan beberapa titik terjadi longsor dan pohon tumbang. Berdampak pada gangguan jaringan listrik yang ada,” jelasnya.

Lanjut dia, untuk sementara wilayah atau jalur yang belum bisa menyala pasca gangguan akibat bencana, yakni Rekloser Sita sampai dengan Cut Out (CO) wilayah Kabupaten Matim, yakni Sita, arah Colol dan Lawir, Poco Lia dan Watu Lanur serta wilayah sekitar. Itu terjadi karena tanah longsor dan pohon tumbang.

Selain itu di Kabupaten Manggarai, terjadi pemutusan arus listrik untuk jalur Ruteng-Reo. Terjadi tanah longsor dan mengakibatkan tiang listrik tumbang. Jaringan kabel juga ada yang putus karena ada pohon yang tumbang. Hal yang sama juga terjadi arah menuju Golo Cala Kecamatan Satar Mese.

“Tim PLN ULP Ruteng sedang berupaya maksimal untuk penanganan gangguan yang terjadi. Ada sejumlah wilayah belum kita cek kerusakan jaringan listriknya. Itu karena petugas kita belum bisa lewat karena loksasi jalan belum bisa lewat karena longsor. Apalagi masih terjadi hujan,” ujarnya.

Dia berharap agar warga bersabar dan bisa memahami kondisi yang terjadi. Peristiwa itu terjadi murni karena bencana. Personelnya dengan sumber daya yang ada, sudah diterjunkan ke sejumlah titik kerusakan akibat bencana pohon tumbang dan tanah longsor untuk pembenahan. (krf3/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!