Kota Kupang Aktifkan Posko Siaga Bencana – Timor Express

Timor Express

METRO

Kota Kupang Aktifkan Posko Siaga Bencana

CUACA buruk melanda wilayah NTT, termasuk Kota Kupang, beberapa hari terakhir. Bahkan, cuaca ekstrem ini diprediksi masih terjadi hingga sepekan ke depan.

Menghadapi kondisi ini, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore meminta masyarakat Kota Kupang waspada terhadap dampak dari cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai petir serta angin kencang.

Ia telah meminta instansi-instansi teknis seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Kesehatan serta RSUD S. K. Lerik agar saling berkoordinasi dan mengaktifkan posko siaga bencana. Posko siaga bencana bersama tim harus bersiaga penuh 1×24 jam untuk merespon tanggap darurat bencana. “Pastikan agar bantuan tanggap darurat bencana telah dipersiapkan secara baik dan memadai. Pelayanan dititikberatkan pada pendekatan kemanusiaan dan pelayanan kasih,” kata Jefri.

Ia juga menginstruksikan jajaran pemerintah kecamatan, kelurahan dan mengimbau Ketua LPM, RW dan RT masing-masing untuk melaksanakan kegiatan gotong royong kebersihan lingkungan bersama warga terutama untuk membersihkan drainase dan selokan agar tidak tersumbat dan menyebabkan banjir.

Wakil Ketua DPRD Kota Kupang, Kristian Baitanu meminta OPD teknis untuk membentuk tim siaga bencana. Dengan demikian, setiap saat selalu memantau kejadian-kejadian yang berkaitan dengan bencana. “Personil dan peralatan harus stand by sehingga begitu ada kejadian langsung bergerak untuk membantu masyarakat,” ujarnya.
Ia juga mengingatkan pemerintah untuk selalu menyiapkan dana tanggap darurat bencana serta bantuan-bantuan lainnya sebagai antisipasi jika terjadi bencana. (mg25/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!