Sudah 80 Unit Rumah Rusak – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Sudah 80 Unit Rumah Rusak

RUSAK BERAT. Salah satu rumah warga Desa Batnes Kecamatan Musi yang mengalami rusak berat akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah tersebut.

PETRUS USBOKO/TIMEX

Bencana Puting Beliung di TTU

KEFAMENANU, TIMEX – Korban bencana puting beliung di Kabupaten TTU terus bertambah akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda daerah itu, beberapa pekan terakhir. Sesuai data yang berhasil dihimpun Timor Express dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU tercatat hingga kini sudah 80 unit rumah rusak akibat terkena dampak bencana puting beliung.

Kerusakan rumah yang terkena dampak bencana angin puting beliung tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten TTU diantarannya Kecamatan Bikomi Nilulat, Kecamatan Musi, Kecamatan Kota Kefamenanu dan Kecamatan Miomaffo Timur.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD) Kabupaten TTU, Yosefina Lake kepada Timor Express, Sabtu (4/1) menuturkan, korban bencana puting beliung di Kabupaten TTU terus bertambah akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah itu.

Dikatakan, data mengenai jumlah unit rumah yang terkena dampak bencana puting beliung diperoleh setelah pihaknya melakukan investigasi di lapangan pasca terjadinya bencana. “Jadi yang kita investigasi di lapangan ada 80 unit rumah yang rusak. Itu bencana angin puting beliung yang terjadi beberapa pekan terakhir,” tutur Yosefina.

Atas bencana angin puting beliung tersebut, jelas Yosefina, pihaknya sudah memberikan bantuan kepada sebagian besar korban yang terkena dampak bencana alam tersebut.

Bantuan yang diberikan berupa sembako dan bahan bangunan seperti seng. Namun karena saat ini masih dalam kondisi liburan, maka bantuan seng baru dapat diberikan saat setelah liburan Natal dan Tahun Baru.

“Sebagian korban yang terkena dampak bencana angin puting beliung itu sudah diberikan bantuan semua. Tapi ada beberapa korban yang baru diberikan bantuan sembako saja. Sedangkan bahan bangunan belum diberikan karena masih liburan. Setelah selesai liburan baru akan diberikan bantuan,” pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 56 unit rumah milik warga di dua desa yakni Desa Batnes dan Desa Oeolo Kecamatan Musi rusak parah akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut disertai angin kencang, Jumat (27/12) lalu.

Sesuai data yang berhasil dihimpun Timor Express dari BPBD Kabupaten TTU tercatat sebanyak 37 unit rumah di Desa Batnes mengalami kerusakan. Dari data tersebut terdapat 17 unit rumah yang mengalami rusak parah. Sedangkan 20 unit lainnya mengalami rusak sedang dan rusak ringan.

Sementara di Desa Oeolo terdapat sebanyak 19 unit rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah tersebut. Dari data itu, terdapat 7 unit rumah yang rusak parah sedangkan 12 unit lainnya rusak sedang dan rusak ringan. (mg26/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!