Pantai Arubara Dipenuhi Sampah – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Pantai Arubara Dipenuhi Sampah

ENDE, TIMEX – Warga Arubara Kelurahan Tetandara Kecamatan Ende Selatan merasa resah. Pasalnya, banyak sampah yang dibuang disekitar pantai Arubara oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa sampah seperti sampah plastik berupa botol air mineral, tas kresek dan sampah plastik lainnya bertebaran di sepanjang pantai Arubara.

Abdul Karim, warga Arubara yang ditemui, Senin (30/12) menduga, perilaku orang yang tidak terpuji itu datangnya dari warga kota. Apa yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab itu dilakukan pada malam hari saat kondisi sepi.

“Ini pasti warga kota yang datang buang sampah ditempat ini. Mereka buang dari atas tebing jalan raya, sehingga sampah meluncur hingga ke pantai,” ujarnya.

Dirinya menyayangkan ulah oknum yang membuang sampah tersebut.

Senada dengan Abdul, warga lainnya, Ibrahim Arshad mengatakan, dirinya merasa kesal dengan perilaku warga yang membuang sampah di tempat itu. Menurut dia, jika tidak cepat dicegah, maka akan berimbas pada biota.

“Sedikit lagi sampah sudah masuk ke laut. Ini sangat berbahaya jika dikonsumsi ikan. Ikan pasti mati dan nelayan pesisir bisa dapat apa,” ujarnya.

Dia merasa heran, padahal Ende memiliki tempat pembuangan akhir sampah di Rate. Namun mengapa masih saja ada orang yang buang ditempat tersebut.

Dia berharap pemerintah bisa melakukan upaya pelarangan dengan memasang papan larangan di tempat tersebut.

“Kalau bisa buat satgas sampah tingkat kelurahan. Kita jangan anggap sepeleh dengan persoalan ini karena imbasnya akan kita rasakan beberapa tahun ke depan,” ujar mantan ASN ini.

Pantauan di lokasi, sampah terlihat menumpuk di pinggir jalan. Sebagiannya sudah berada di tebing dan yang lainnya sudah dekat dengan bibir pantai. Jika tidak segera ditangani, maka akan berakibat matinya biota laut khususnya ikan pesisir yang selama ini menjadi tempat pencarian nelayan kecil. (kr7/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!