Warga Diingatkan Terus Jaga Kebersihan – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Warga Diingatkan Terus Jaga Kebersihan

BERSIHKAN SAMPAH. Tampak Lurah Oesapa, Kiai Kia bersama warganya sementara melaksanakan kerja bakti membersih sampah bersama di Jalan Timor Raya, Kelurahan Oesapa. Diabadikan belum lama ini.

IST

OESAPA, TIMEX– Memasuki musim hujan saat ini, sejumlah wilayah di Kota Kupang selalu menjadi lokasi tumpukan sampah. Ini sangat rentan terhadap penyebaran penyakit. Diantaranya DBD,diare dan penyakit menular lainnya yang diakibatkan oleh karena lingkungan yang tidak bersih.

Terkait masalah kebersihan, Kelurahan Oesapa Kiai Kia yang ditemui koran ini, Senin (6/1) mengatakan bahwa ketika dirinya punya kesempatan bertatap muka langsung dengan masyarakat dirinya tak pernah bosan menyampaikan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang tempat. Selain itu, lanjutnya, warga juga harus menerapkan pola hidup bersih mulai dari lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Salah satu cara yang harus dilakukan saat musim hujan ini yakni lakukan pola 3M ( Menguras, Menutup dan Mengubur) barang-barang bekas yang berpotensi menampung air hujan. “Berangkat dari tahun kemarin, warga kita sudah terserang DBD yang merupakan kejadian luar biasa. Oleh sebab itu saya harapkan agar angka DBD di Oesapa kalau bisa menurun bahkan sampai tidak ada yang terserang DBD lagi,” jelasnya.

Sejak saat itu maka imbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup bersih terus dilakukan. “Sampai saat ini warga di Kelurahan Oesapa belum ada yang terserang DBD,” tegasnya. Sementara terkait kerja bakti, pihaknya kini fokus melakukan pembersihan lingkungan dan dimulai dari lingkungan masyarakat itu sendiri. Artinya, katanya, dengan aksi nyata yang sudah dilakukan warga itulah (kerja bakti secara gotong-royong) maka diharapkan bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat agar terhindar dari bahaya-penyakit menular dimusim hujan seperti saat ini.

Sementara terkait cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah Kota Kupang, Lurah Oesapa juga sudah terjun langsung ke masyarakat, khususnya masyarakat yang berdomisili di pesisir pantai untuk menambatkan perahu-perahunya di tempat yang aman. “Saya sampaikan kepada masyarakat berdasarkan himbauan dari Wali Kota Kupang terkait cuaca ekstrim yang saat ini terjadi,” ujarnya.

Terpisah, Lurah Manulai II, Meksain Mauk juga mengatakan bahwa menyikapi musim hujan saat ini maka dirinya terus mengimbau masyarakatnya untuk tetap menjaga kebersihan. Sebagai Pemerintah Kelurahan, jelasnya, ia hanya bertugas meneruskan kepada warga agar senantiasa menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. “Kebersihan adalah bagian dari iman. Jagalah kebersihan untuk kebaikan bersama,” pungkas Lurah Manulai II. (mg22/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!