Warga Oesao Tewas Tertimpa Pohon – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Warga Oesao Tewas Tertimpa Pohon

TEWAS. Jasad Paulus Lilong, 35, warga Kelurahan Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang saat berada di Puskesmas Panite, Kamis (9/1).

IST

Di Pasar Taum Desa Pollo TTS

SOE, TIMEX – Masyarakat Kecamatan Amanuban Selatan dan sekitarnya yang mendatangi pasar Taum di Desa Pollo, Kamis (9/1) sekira pukul 12.00, dikagetkan dengan tumbangnya sebuah pohon kapuk yang tumbuh di pinggir jalan bagian barat pasar. Pohon tersebut menimpa Paulus Lilong, 35,  warga Kelurahan Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang dan Sefus Demu, 48 warga Kelurahan Oenasi Kecamatan Kota SoE, yang saat itu berada di sekitar pohon kapuk tersebut.

Paulus Lilong yang mengalami luka di sekujur tubuh, meninggal dunia saat menjalani perawatan di Puskesmas Panite. Sementara, Sefus Demu yang kepalanya terbentur dahan pohon kapuk, selamat dan masih menjalani perawatan medis di Puskesmas Panite.

Camat Amanuban Selatan, Jhon Asbanu kepada Timor Express, Kamis (9/1) menjelaskan, saat kejadian ia dan Kapolsek Amanuban Selatan, Ipda I Made Wijaya dan Danramil Amanuban Selatan, Kapten I Ketut Suhenda langsung melarikan korban ke Puskesmas Panite untuk mendapat pertolongan medis, namun nyawa korban tidak terselamatkan. Pohon kapuk itu tumbang bukan akibat angin kencang, melainkan sudah termakan usia. Sehingga saat itu, pohon kapuk tumbang dengan cara terbelah menjadi tiga bagian. Sebagian tumbang ke arah timur, sebagian lagi ke arah barat dan sebagian ke arah utara.

Korban yang meninggal dunia, saat itu berada di bagian utara. Saat itu, pasar yang padat dengan pengunjung berlarian menyelamatkan diri ketika mengetahui pohon tersebut hendak tumbang. Sebagian besar berhasil menyelamatkan diri, hanya dua korban yang tidak lolos menyelamatkan diri.

“Saat itu pasar ramai sekali, hanya saja sebagian besar berhasil selamatkan diri. Hanya dua korban itu yang tidak berhasil selamat,” ungkap Jhon.

Setelah kejadian, pengunjung pasar beramai-ramai berupaya menyelamatkan dua korban yang tertimpa pohon. Hanya saja, satu diantaranya tidak berhasil menyelamatkan dirinya. Setelah berhasil menyelamatkan dua korban dari reruntuhan dahan pohon, pengunjung pasar bersama-sama membersihkan dahan pohon kapuk itu.

“Setelah kami berhasil evakuasi dua korban itu, pengunjung pasar langsung bersihkan batang pohon yang ada,” ucap dia.

Dengan adanya kejadian itu, ia bersama Forkopimcam Amanuban Selatan akan memangkas pohon-pohon yang sudah tua, yang berada di fasilitas-fasilitas umum agar tidak lagi terjadi korban berikutnya. Apalagi, saat ini tiupan angin di Kabupaten TTS cukup kencang, sehingga berpotensi menumbangkan pohon-pohon yang telah termakan usai dan membahayakan masyarakat pengguna fasilitas umum.

“Kami akan lihat pohon-pohon yang tinggi berada di lokasi fasilitas umum supaya pangkas atau kalau bisa kasih tumbang saja,” pungkas Jhon. (yop/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!