Golkar Bakal Dukung Gibran dan Bobby – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Golkar Bakal Dukung Gibran dan Bobby

Parpol Matangkan Persiapan Pilkada Serentak

JAKARTA, TIMEX–Persiapan partai politik (Parpol) dalam menghadapi pilkada serentak semakin matang. Tidak lama lagi rekomendasi pencalonan kepala daerah pun akan dikeluarkan. Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan sang menantu, Bobby Nasution pun menjadi perhatian. Partai Golkar misalnya, bakal mengusung kedua calon tersebut.

Wakil Ketua Korbid Kelembagaan DPP Partai Golkar demisioner Yahya Zaini mengatakan, saat ini pengurus daerah masih melakukan penjaringan calon. Bahkan, ada DPD II kabupaten/kota yang sudah menyerahkan rekomendasi pencalonannya ke DPD I Provinsi. “Yang saya tahu, di Jatim sudah diserahkan ke DPD I,” terang dia saat dihubungi Jawa Pos kemarin (13/1).

Lalu kapan DPP Partai Golkar akan mengeluarkan rekomendasi untuk pilkada serentak? Yahya mengatakan, kepengurusan DPP Partai Golkar belum terbentuk. Rencananya, pada pertengahan bulan ini, kepengurusan partai di tingkat pusat akan diumumkan. Setelah itu, kata dia, rekomendasi baru akan dikeluarkan.

Anggota DPR RI itu mengatakan, kemungkinan rekomendasi pilkada akan mulai dikeluarkan pada Februari mendatang. “Kalau Januari belum, karena kepengurusan baru akan diputuskan bulan ini,” ucap dia. Menurut dia, biasanya rekomendasi pilkada tidak lama. Jika DPD I provinsi sudah mengeluarkan keputusan, maka DPP akan cepat mengeluarkan rekomendasi.

Walaupun ada rekomendasi yang belum dikeluarkan, namun ada beberapa daerah yang sudah mulai terang. Salah satunya Pilkada Kota Solo. Politikus kelahiran Bawean, Gresik itu mengatakan, Partai Golkar tampaknya akan mendukung Gibran. “Arahnya ke situ,” terang dia. Ada beberapa pertimbangan dalam mendukung Gibran, yang pertama, kata dia, hubungan Partai Golkar dengan Presiden Jokowi cukup baik. Selain itu, partainya ingin ada tokoh muda yang memimpin Kota Solo.

Bagaimana dengan Pilkada Kota Medan? Yahya mengatakan, menantu Jokowi, Bobby sudah secara resmi mendaftar sebagai calon kepala daerah melalui Partai Golkar. Jadi, kemungkinan partai beringin juga akan mendukungnya. “Sekarang tinggal menunggu rekomendasi dari DPP,” ungkap dia.

PPP juga masih terus melakukan persiapan. Wasekjen PPP Achmad Baidowi mengatakan, sekarang masih dalam tahap rekrutmen dan pedaftaran di tingkat DPC dan DPW. Setelah selesai di tingkat daerah, nanti akan diserahkan ke tingkat DPP. “Kami belum tahu sudah berapa calon yang mendaftar,” katanya.

Menurut dia, rekomendasi rencananya akan mulai dikeluarkan pada bulan ini. Targetnya, ungkap dia, semua rekomendasi akan selesai dikeluarkan pada Februari. Terkait Gibran dan Bobby, PPP belum mengeluarkan putusan. Tentu, kata dia, partainya akan melihat kursi di masing-masing DPRD.

Sementara itu, sebelumnya PDIP sudah siap mengumumkan 44 rekomendasi. Namun, pengumuman calon kepala daerah ditunda. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, sebenarnya sudah ada sejumlah daerah yang sudah siap. Diantarnaya, Kota Solo dan Medan.  PDIP juga memberi sinyal mendukung Gibran. “Mas Gibran punya kepedulian yang begitu besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil,” terang dia. (lum/jpg/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!