Langgar Aturan, 25 Motor Diamankan – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Langgar Aturan, 25 Motor Diamankan

KENA HIKI. Tampak aparat Satlantas Polres Kupang Kota ketika melakukan razia dengan fokus sejumlah ruas jalan utama di Kota Kupang dan membuat banyak pengendara kalang kabut. Diabadikan Sabtu-Minggu (11-12/1)

IST

Razia Satlantas Polres Kupang Kota

KUPANG, TIMEX– Sebanyak 25 sepeda motor terpaksa diamankan aparat Satlantas Polres Kupang Kota saat menggelar razia di beberapa titik ruas jalan di Kota Kupang. Pelaksaan razia oleh Satlantas Polres Kupang Kota ini digelar selama dua hari yakni pada Sabtu-Minggu(11-12/1.

Razia tersebut dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Andry Andriansyah SIK. Adapun pelaksaan razia tersebut diawali di ruas Jalan Cak Doko, Palapa, Herewila dan Jalan Soeharto. Di ruas Jalan Soeharto, tepatnya di dekat Hotel Silvia, aparat Satlantas Polres Kupang Kota mengamankan beberapa unit sepeda motor karena pengendaranya tidak mengenakan helm pengaman kepala serta ugal-ugalan.

“Jadi, untuk razia di ruas Jalan Seoharto, kita amankan beberapa unit sepeda motor karena pengendaranya tidak mengenakan helm termasuk ada beberapa pengendara yang ugal-ugalan saat berada di jalan raya. Kita langsung tindak dan kepada pengemudinya kita beri kartu tilang,” tegas Kasat Lantas.

Razia selanjutnya dilakukan di Jalan Cak Doko menuju ke Jalan Tompelo hingga ke Jalan Ahmad Yani. Kemudian di Jalan Sumba hingga ke Jalan Sumatera. Ada beberapa unit sepeda motor juga yang diamankan. Ini karena sepeda motor tersebut diduga bodong serta pengendara tidak mengenakan helm.

Pelanggaran yang sama juga ditemukan aparat Satlantas Polres Kupang Kota ketika menyisir Jalan M. Hatta hingga ke Jalan Sudirman. Sekira puluhan kendaraan yang melanggar aturan lalulintas juga berhasil diamankan. “Dari puluhan kendaraan roda dua yang diamankan itu, kita juga amankan empat unit sepeda motor RX King karena menggunakan knalpot racing. Ini jelas mengganggu pengguna jalan lainnya serta warga yang rumahnya ada di pinggir jalan,” ujar Iptu Andry Andriansyah SIK.

Dirinya juga mengaku bahwa tingkat kesadaran masyarakat ketika berlalulintas di jalan raya masih sangat rendah. “Siang saja mereka enggan menggunakan helm apalagi malam hari. Makanya pengendara kaget karena kita melakukan razia di malam hari dan rata-rata mereka melakukan pelanggaran kasat mata. Padahal memakai helm adalah demi keselamatan pengendara apalagi saat ini musim hujan dengan kondisi jalan licin,” katanya.

Selain itu, banyak kendaraan tidak memiliki kelengkapan kendaraan bahkan ada kendaraan bodong yang harus diamankan. Pihaknya berharap, pengendara tidak hanya taat berlalulintas saat ada operasi kepolisian atau ada polisi yang berjaga dijalan raya namun ada kesadaran untuk melengkapi diri dan kendaraan dengan kelengkapan lalulintas sehingga aman selama berkendaraan.

Diakui, masyarakat belum sadar benar tentang keamanan dan kenyamanan dijalan bahkan ada yang merasa kalau menggunakan helm saat berkendaraan adalah beban padahal demi keselamatan pengendara sendiri,” tambah mantan Kasat Lantas Polres Kupang ini. Ditegaskan untuk menindak pengendara sepeda motor yang ditilang dengan memberikan surat tilang serta mengikuti sidang sesuai jadwal yang ditentukan. (mg22/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!