Tiga Mahasiswi UMK PPL di Malaysia – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Tiga Mahasiswi UMK PPL di Malaysia

PELEPASAN. Tampak Rektor UMK, Zainur Wula secara resmi melepas tiga mahasiswi mengikuti program PPL internasional di Kualalumpur, Malaysia selama 14 hari. Diabadikan Senin (13/1).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

KAYU PUTIH, TIMEX– Sebanyak tiga orang mahasiswi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Kupang (PGSD UMK) melakukan Praktek Pengamalan Lapangan (PPL) di Kualalumpur, Malaysia. Ini menjadi sejarah baru sekaligus kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar UMK dibawa kepemimpinan Rektor UMK, Zainur Wula. Pasalnya, sejak didirikan tahun 1987, baru kali ini UMK mendelagasikan mahasiswanya untuk melakukan PPL internasional.

Ketiga mahasiswi yang mengikuti PPL internasional di Malaysia yakni Wahyuningsih Ridwan mahasiswi semester VII jurusan PGSD,
Nurul Istiqomah Sanusi mahasiswi Semester V PGSD dan Nani Muliandani mahasiswi Semester V PGSD. Selama menjalankan PPL di Malaysia, ketiganya didampingi dua orang pendamping yakni Kepala Program Studi (Kaprodi) PGSD, Uslan dan Sekretaris Program Studi (Sekprodi) PGSD, Julhidayat Muhsam.

Pelepasan ketiga mahasiswi ini untuk melakukan PPL di Malaysia dilakukan Rektor UMK, Zainur Wula bertempat di ruang utama rektor dihadiri Wakil Rektor I, II dan III serta para Dekan se-Fakultas UMK, Senin (13/1).

Pada kesempatan itu, Rektor UMK, Zainur Wula mengatakan bahwa program PPL internasional di Kualalumpur, Malaysia tersebut merupakan langkah awal kerja sama UMK dengan berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Diantaranya Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Purwokerto, Solo dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Surakarta.

“Ini langkah awal kerja sama dengan luar negeri. Kemudian, akan disusul dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata) internasional. Dan akan kita kirim ke beberapa negara di Asia Tenggara,” ujarnya.

Tujuannya dari pelaksanaan PPL dan KKN internasional itu adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Selain itu, kata Rektor UMK, untuk memperkenalkan bahwa orang Indonesia juga puny kemampuan, daya juang untuk bisa bersaing dengan negara luar.

“Mahasiswa PPL selain mengajar di sekolah-sekolah di Malaysia, mereka juga akan memperkenalkan budaya-budaya di NTT termasuk Universitas Muhammadiyah Kupang dengan visi-misi yang multikultural melalui duta-duta kami,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan bahwa langkah awal ini, pihaknya mengirimkan tiga orang mahasiswi untuk melakukan PPL internasional di Malaysia. Dan pada tahap berikutnya, pihaknya akan mengirim lagi mahasiswa dan mahasiswi untuk mengikuti KKN serta terus membangun hubungan kerja sama dengan berbagai negara.

“Lewat program ini, saya ingin meningkatkan kualifikasi dan kompetensi mahasiswa itu sendiri sekaligus memperkenalkan budaya NTT melalui para mahasiswa yang kita kirim,” sebut Rektor UMK.

Dalam rangka memperlancar lalulintas hubungan internasional, Zainur Wula mengaku bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan meresmikan kantor urusan internasional di UMK. Tentunya keberadaan kantor tersebut berkaitan dengan hubungan internasional serta program-program lainnya.

“Saya berpesan kepada mahasiswi yang akan melakukan PPL internasional agar tetap menjaga nama baik almamater tercinta. Berikanlah yang terbaik saat PPL di Kualalumpur,” pesannya.

Sementara Kaprodi PGSD UMK, Uslan menjelaskan bahwa waktu pertemuan Asosiasi PGSD Universitas Muhammadiyah seluruh Indonesia juga menawarkan untuk kerja sama terkait program PPL internasional.

Karena itu maka implementasi dari pertemuan tersebut, tiga mahasiswa dari prodi PGSD mengikuti PPL internasional di Kualalumpur, Malaysia. “Mahasiswi ini mengajar di sekolah-sekolah di Kualalumpur selama 14 hari dibawa pimpinan cabang istimewa Muhammadiyah Kualalumpur ,” jelasnya.

Mahasiswi ini akan mementaskan budaya NTT yaitu Tarian Ja’i dari Kabupaten Ngada, di Kedutaan Besar Indonesia yang ada di Kualalumpur dan di Universitas Malaya. “Selain tugas utama mengajar, mereka juga memperkenalkan budaya NTT di Kualalumpur,” pungkasnya. (mg22/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!