Animo Tinggi Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Animo Tinggi Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan

LAPOR SPT.Petugas melayani wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunan di KPP Pratama Kupang, Selasa (14/1)

ISTIMEWA

KPP Pratama Kupang Ramai Pengunjung

KUPANG, TIMEX-KPP Pratama Kupang ramai dipenuhi warga yang melaporkan SPT tahunan tahun pajak 2019. Hingga 14 Januari 2020, sudah tercatat sebanyak 766 wajib pajak yang melaporkan SPT tahunannya. Dibanding tanggal yang sama di tahun lalu, terdapat pertumbuhan sebesar 191 persen jumlah laporan SPT tahunan yang masuk.

Hal ini diyakini merupakan keberhasilan KPP Pratama Kupang dalam mengedukasi wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan lebih awal pada tahun 2020. Selain itu, hal ini merupakan bukti tingkat kepatuhan pajak masyarakat Kupang meningkat.

Hal ini diungkapkan Esra Junius Ginting selaku Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kupang. Slogan “Lebih Awal Lebih Nyaman” menjadi fokus utama KPP Pratama Kupang di awal tahun ini. Dengan jumlah wajib pajak terbesar se-Nusa Tenggara, KPP Pratama Kupang membutuhkan perencanaan strategi yang matang agar pelayanan perpajakan kepada wajib pajak terus meningkat mutunya dengan antisipasi wajib pajak yang membeludak.

Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak melaporkan SPT tahunan, KPP Pratama Kupang telah menyiapkan beberapa strategi. Di antaranya duta e-Filing di puluhan satuan kerja pemerintah, menggandeng relawan pajak dari beberapa universitas di Kupang, kegiatan isi bareng SPT tahunan, dan sebagainya. “Selain itu, kemitraan dengan media massa juga kita giatkan agar masyarakat segera melaporkan SPT tahunannya,” jelas Esra.

Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan berbasis stakeholders oriented, KPP Pratama Kupang sudah menyiapkan sarana dan prasarana serta pelayanan untuk membantu wajib pajak dalam menjalankan kewajiban perpajakannya. Salah satunya dengan menyiapkan loket tambahan khusus penerimaan SPT Tahunan di awal Januari.

Seperti tahun lalu, KPP Pratama Kupang tetap gencar mengkampanyekan pelaporan SPT tahunan secara online menggunakan layanan E-Filing. Bahkan untuk wajib pajak yang melaporkan SPT tahunan dengan datang ke kantor, akan diarahkan dan diberi asistensi untuk melaporkan secara online agar mempermudah wajib pajak melakukan pelaporan pada tahun berikutnya. Hal ini terkait concern KPP Pratama Kupang tidak hanya seputar pengetahuan perpajakan, namun juga terkait dengan edukasi pemanfaatan teknologi.

Esra mengapresiasi antusias warga yang melaporkan SPT tahunan di awal waktu menggunakan layanan e-Filing. “Kami sangat senang dan mengapresiasi wajib pajak yang telah melaporkan SPT tahunannya sampai saat ini. Kami akan terus memberikan layanan terbaik untuk membantu kemudahan wajib pajak,” ujarnya.

E-Filing merupakan cara menyampaikan SPT tahunan yang lebih mudah melalui online. Karena dengan e-Filing wajib pajak bisa melaporkan SPT tdimana saja dan kapan saja. Selain itu wajib pajak tidak perlu repot menulis lembaran-lembaran formulir, cukup dengan diketik dengan handphone laporan SPT tahunan sudah bisa dilakukan. Wajib pajak juga tidak perlu antre ke kantor dan berlama-lama menunggu.

Seperti yang disampaikan Kepala KPP Pratama Kupang, Moch Luqman Hakim. Menurutnya, KPP Pratama Kupang akan terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi wajib pajak dan akan terus mengampanyekan pelaporan SPT tahunan melalui E-Filing. “Karena dengan E-Filing, wajib pajak dapat melaporkan SPT tahunannya di mana saja dan kapan saja. Saya mengajak wajib pajak untuk melaporkan SPT tahunannya lebih awal, karena lebih awal, lebih nyaman,” tutup dia.(*/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!