Bapenda Adakan 500 Tapping Box – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Bapenda Adakan 500 Tapping Box

Tingkatkan Pajak Daerah

ENDE, TIMEX – Meningkat pendapatan sembilan jenis pajak maupun retribusi, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ende akan melakukan pengadaan 500 tapping box tahun 2020. Tapping box tersebut akan ditempatkan di sejumlah rumah makan, restoran serta hotel di Kabupaten Ende. Namun untuk awal tahun baru akan ditempatkan 10 tapping box.

Tapping box itu merupakan alat pemantau transaksi online, di mana berfungsi untuk memantau transaksi yang terjadi di hotel maupun rumah makan dan dihubungkan secara langsung ke kantor Bapenda. Hal ini juga menjadi penting agar terjadi tertib administrasi dan pembukuan.

“Tahun ini kita akan lakukan pengadaan sebanyak 500 buah dan akan kita tempatkan di sejumlah warung makan dan hotel. Untuk awal tahun kita tempatkan sepuluh dan itu untuk dalam kota,” kata Kepala Bapenda Kabupaten Ende, Yohanis Nislaka saat ditemui di kantor bupati Ende, Senin (13/1). Dia menyebutkan, sebelum melakukan pemasangan, pihaknya akan melakukan pelatihan kepada pemakai tapping box di hotel atau warung yang akan ditempatkan tapping box.

Di awal tahun 2020 pihaknya baru akan menempatkan sepuluh buah, namun sebelumnya akan melakukan pelatihan kepada subjek pajak yang akan memakai tapping box dan selanjutnya akan di-launching penggunaan saat dimulainya pemakaian.

“Kita akan lakukan pelatihan setelah itu kita launching sebelum dipergunakan di warung atau restoran serta hotel,” katanya.

Dia menjelaskan, 10 tapping box masing-masing ditempatkan di enam warung dan empat hotel yang kesemuanya ada di dalam kota. Baru setelah itu saat pengadaan sebanyak 500 unit akan di sebar diseluruh wilayah termasuk warung dan hotel yang ada di tempat wisata.

Ia mengatakan, untuk 10 tapping box sementara ini dipasang berdasarkan tiga kriteria yakni hotel yang ramai, hotel yang sedang dan hotel yang mengaku kosong dan sepi. Begitu juga di warung atau restoran. Dengan begitu bisa diketahui apakah selama ini retribusi atau pajak yang disetorkan sudah sesuai atau tidak nanti akan terlihat.

Yohanis menegaskan, untuk tahun 2020 pihaknya akan menargetkan pendapatan pajak dan retribusi sebesar Rp 90 miliar. Karena itu ia berharap dengan dipasangnya tapping box, semua bisa terealisasi. Dia berharap agar wajib pajak secara sadar bisa melakukan kewajiban untuk membayar pajak.

Dalam beberapa hari ke depan, Bapenda akan mengundang jajaran OPD untuk melakukan evaluasi terhadap penerimaan pajak di masing-masing instansi. Saat itu, pihaknya akan mengumumkan penerima pajak setiap OPD. “Kita akan undang OPD-OPD yang ada untuk melakukan evaluasi dan mengumumkan penerimaan pajak dari masing-masing instansi untuk diketahui bersama,” pungkas dia. (kr7/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!