Lagi, Tujuh Mobil dan 27 Motor Ditilang – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Lagi, Tujuh Mobil dan 27 Motor Ditilang

OPERASI. Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere dan
Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Andry Adriansyah SIK sementata memberikan imbauan kepada salah satu pengemudi mobil pickup di sela-sela operasi gabungan di Jalan Timor Raya, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Selasa (14/1).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Operasi Gabungan Satlantas dan Dishub Kota Kupang

KUPANG, TIMEX– Aparat Satlantas Polres Kupang Kota kembali bersinergi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kupang dan melaksanakan operasi gabungan. Operasi gabungan ini digelar di Jalan Timor Raya, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, pagi kemarin (14/1).

Ikut dalam operasi gabungan kemarin, Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Andry Adriansyah SIK dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere. Pada kesempatan operasi gabungan kemarin, Kasat Lantas Polres Kupang Kota Iptu Andry Adriansyah SIK menjelaskan bahwa operasi gabungan kemarin dilakukan atas kerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Kupang. Sasarannya yakni memeriksa izin trayek mobil angkutan umum baikdalam kota maupun lintas kabupaten/kota.

“Hasil dari operasi gabungan ini yakni terjaring tujuh kendaraan roda empat. Pelanggarannya karena tidak memiliki SIM. Kemudian 27 kendaraan roda dua dan pelanggaran bervariatif mulai dari tidak mengenakan alas kepala (helm), knalpot racing dan ada juga pengendara yang tidak memiliki SIM,” jelasnya.

Kasat Lantas juga mengimbau agar semua masyarakat pengguna jalan di wilayah hukum Polres Kupang Kota agar selalu menaati peraturan lalulintas. “Jadi, tegasnya, jangan karena takut dengan polisi sehingga harus tertib tetapi takut akan keselamatan. Karena lakalantas bisa terjadi kapan saja dimana saja dan siapa saja termasuk kejadiannya juga mendadak,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere, menjelaskan bahwa operasi gabungan kemarin juga melibatkan aparat kepolisian dari Satlantas Polres Kupang Kota. Selain itu, lanjutnya, petugas Dinas Perhubungan melaksanakan operasi di Jalan Soeharto, Kelurahan Naikoten I, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Tujuan dilaksanakan operasi tersebut yakni untuk memastikan bahwa ruas Jalan Timor Raya tepatnya di Kelurahan Oesapa yang selama ini menjadi tempat parkir mobil-mobil rental maupun bus angkutan umum lintas kabupaten/kota, bukan sebagai terminal juga harus aman.

Target operasi agar pemilik travel atau bus tersebut harus memakirkan mobil di terminal yang sudah disediakan oleh pemerintah. “Aktivitas mengangkut dan menurunkan penumpang harus di terminal,” tegasnya.

Dijelaskan juga, mobil-mobil pickup yang memakirkan kendaraan sepanjang Jalan Timor Raya, Kelurahan Pasir Panjang dan Fatubesi yang melaksanakan aktivitas mengangkut dan menurunkan penumpang ke Pasar Oeba, harusnya tidak boleh masuk ke wilayah Kota Kupang.

Pasalnya, sesuai dengan perizinan trayek bahwa aktivitas bongkar muat barang dan penumpang hanya bisa dilakukan di terminal yang berada di luar Kota Kupang. Kalaupun sampai masuk ke wilayah Kota Kupang itu hanya bisa di terminal Oebobo dan tidak ada di terminal lain.

Sementara jika ingin mengangkut barang, hanya bisa dilakukan pada malam hari sehingga angkutan umum yang beroperasi di wilayah Kota Kupang hanya mobil angkutan Kota bukan angkutan pedesaan.

Kemungkinan ada waktu-waktu tertentu pelaksanaan operasi tidak hanya di pagi hari tetapi pada sore hari dengan lokasi operasi yang berpindah-pindah.

Dirinya juga mengimbau kepada pemilik travel, bus dan pemilik pickup angkutan pedesaan agar dapat berperan aktif membantu memperlancar arus lalulintas di Kota Kupang dengan tidak memakirkan kendaraan sekaligus mengangkut dan menurunkan penumpang di lokasi yang bukan terminal resmi yang dibangun oleh pemerintah.

Artinya, semua aktivitas tersebut hanya bisa dilaksanakan di tempat sesuai dengan tempat yang telah disediakan pemerintah yaitu di Terminal. “Jika kita kedapatan mereka masih melakukan hal yang sama maka kita akan tindak tegas,” pungkasnya. (mg22/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!