KPP Pratama Kupang Latih Duta e-Filing – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

KPP Pratama Kupang Latih Duta e-Filing

LATIHAN.Salah satu peserta bimbingan teknis tentang e-Filing saat mengikuti kegiatan di Kantor KPP Pratama Kupang, Rabu (15/1)

IST

Permudah Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan

KUPANG, TIMEX-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang terus berupaya untuk memberikan pelayanan maksimal bagi para wajib pajak. Salah satunya dengan inovasi e-Filing, yakni pelaporan SPT tahunan secara online.

Untuk menyukseskan program tersebut, KPP Pratama Kupang menggelar
Bimbingan Teknis Duta E-Filing pada Rabu (15/1) bertempat di Aula KPP Pratama Kupang. Acara yang diselenggarakan selama dua jam ini ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak dengan memberikan informasi yang akurat dan tepat untuk mengubah behaviourkebiasaan Wajib Pajak menyampaikan SPT tahunan secara online melalui e-Filing.

Duta e-Filing merupakan petugas dari setiap Satuan Kerja yang bertugas untuk mengimbau, membimbing dan memonitor penyampaian SPT tahunan di masing-masing Satuan Kerja. Satuan kerja yang menjadi peserta antara lain, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Dinas Pendidikan Kota, Polda NTT, Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang, Kantor Komando Resort Militer 161/Wirasakti serta satuan kerja lain di wilayah Provinsi, kota dan Kabupaten Kupang.

“Bimbingan teknis duta e-Filing tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh KPP Pratama Kupang untuk memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya dalam hal pelaporan SPT Tahunan,” jelas Kepala KPP Pratama Kupang, Moch Luqman Hakim.

Seperti diketahui, Indonesia menganut sistem pemungutan pajak berupa Self Assessment. Dimana Wajib Pajak wajib mendaftar, menghitung, membayar sendiri dan melaporkan pajak terutangnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Namun tidak sedikit Wajib Pajak yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan kewajiban perpajakannya dengan benar. Oleh karena itu pada 2019, KPP Pratama Kupang mengembangkan inovasi berupa penunjukan duta e-Filing pada 23 satuan kerja di pemerintah kota dan Kabupaten Kupang. Mengingat inovasi ini sangat efektif dalam mempercepat proses diseminasi penyampaian SPT tahunan, di tahun 2020 ini KPP Pratama Kupang kembali menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Materi yang disampaikan dalam acara bimbingan teknis duta e-Filing adalah tata cara pengisian SPT 1770S dan 1770SS serta pengisian Bukti Potong A2 untuk Bendahara Umum Daerah dan Rumah Sakit. Gagasan ini dimaksudkan agar duta e-Filing tersebut dapat memberikan informasi dan contoh bagaimana cara melaporkan SPT tahunan dengan benar dan tepat secara online melalui situs _djponline.pajak.go.id_ kepada rekan-rekannya di dalam satuan kerja. Tujuannya, agar mereka tidak perlu lagi datang dan antre di KPP Pratama Kupang.

Selain itu, KPP Pratama Kupang juga akan tetap mengadakan Pos Pelayanan selama tiga hari di dua puluh tiga Satuan Kerja. Sehingga akan lebih memudahkan Wajib Pajak agar tidak perlu antre ke kantor pajak terutama para Wajib Pajak yang berada di Kabupaten Kupang.

Hal ini diharapkan mampu mengubah behaviour Wajib Pajak agar bisa melaporkan SPT tahunan lebih awal secara digital di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang terlebih dahulu ke Kantor Pajak. KPP Pratama Kupang berkomitmen untuk memberikan diseminasi dan juga pemahaman kepada Wajib Pajak terkait pemenuhan kewajiban perpajakannya untuk lebih mudah dan lebih menghemat waktu. Sehingga, inovasi yang dilakukan mampu menjawab keresahan Wajib Pajak mengenai penumpukan antrean dalam pelaporan SPT tahunan setiap tahunnya.(*/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!