Dinsos Dirikan Posko Siaga Bencana – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Dinsos Dirikan Posko Siaga Bencana

POSKO SIAGA BENCANA. Inilah Posko Siaga Bencana yang ada di halaman Kantor Dinas Sosial Kota Kupang. Posko Siaga Bencana ini siaga beroperasi 1 X 24 jam. Diabadikan, Senin (20/1).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Siap Melayani 1 X 24 Jam

KELAPA LIMA, TIMEX– Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kupang mendirikan Posko Siaga Bencana. Posko Siaga Bencana ini didirikan di halaman Kantor Dinsos Kota Kupang dengan tujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama musim hujan ini. Jika terjadi bencana, maka Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Kupang langsung terjun ke lokasi bencana.

Tagana beroperasi atau berjaga di Posko Siaga Bencana tersebut untuk memantau sekaligus bekerjasama dengan pihak terkait yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang, SAR dan BMKG. Jika terjadi bencana maka Tagana turut berpartisipasi membantu korban bencana.

“Pos jaga ini selalu siaga 1 X 24 jam,” katakan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodowyk Dijungu Lape, ketika ditemui koran ini di ruang kerjanya, Senin (20/1).

Dijelaskan, ada sekira 30 anggota Tagana Kota Kupang yang selalu siap jika dibutuhkan untuk membantu korban bencana. “Ketika ada musibah atau bencana maka Dinas Sosial Kota Kupang memberikan bantuan berupa pangan. Seperti kejadian kebakaran rumah milik Marten Rohi di wilayah RT 12, Kelurahan Manutapen. Dinas Sosial Kota Kupang memberikan bantuan pangan kepada korban musibah kebakaran. Kami dari Tagana Kota Kupang bekerjasama dengan Tagana Provinsi NTT untuk memberikan bantuan kepada korban bencana,” jelasnya.

Sementara terkait dengan bantuan sosial pangan, Dinas Sosial Kota Kupang juga memberikan bantuan pangan kepada fakir miskin. Keluarga penerima manfaat tercatat sebanyak 26 ribu orang yang ada di Kota Kupang.

Kementerian Sosial telah memberikan bantuan kepada KPM sebanhak 17.130 keluarga. Dana yang nanti diberikan akan dislaurkan melalui Bank BRI.

Sedangkan sisa 9.700 akan diakomodir oleh dana APBD Pemerintah Kota Kupang dengan Bank penyalurnya yakni Bank NTT. “Khusus untuk tahun 2019 yang tidak diakomodir maka Pemerintah Kota Kupang telah mengakomodir, sebanyak 3000 kelompok penerima manfaat,” jelasnya.

Dikatakan, bantuan tersebut merupakan komitmen Wali Kota Kupang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama masyarakat ekonomi lemah atau masyarakat kurang mampu. (mg22/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!