Pemkab TTU dan Bank NTT Teken MoU – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Pemkab TTU dan Bank NTT Teken MoU

TEKEN MOU. Pimpinan Bank NTT Cabang Kefamenanu, Edy Ganggus bersama penjabat Bapenda saat menandatangani MoU, Jumat (17/1).

PETRUS USBOKO/TIMEX

Tingkatkan PAD Melalui Aplikasi

KEFAMENANU, TIMEX – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTU bersama Bank NTT melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk melakukan transaksi non tunai dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Penandatangan MoU yang berlangsung di aula kantor Bapenda TTU, Jumat (17/1) itu disaksikan Direktur Pemasaran Dana Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, Asisten Administrasi Setda TTU, Raymundus Thal, pejabat dari Bank NTT maupun Pemkab TTU.

Direktur Pemasaran Dana Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho kepada Timor Express, Jumat (17/1) menuturkan, Bank NTT memiliki misi besar yang selaras dengan program yang dicanangkan Bank Indonesia (BI) Gerakan Nasional Non Tunai salah satunya untuk mengoptimalkan PAD disetiap daerah yang ada di Provinsi NTT.

Dikatakan, program kerja Bank NTT untuk meningkatkan kontribusi PAD untuk mendukung pembangunan di daerah melalui transaksi non tunai.

“Melalui Gerakan Nasional Non Tunai tata kelola keuangan lebih akuntabiliti, adanya transparansi sehingga bisa dapat dipertanggungjawabkan dengan lebih baik. Kita sementara membangun kerja sama dengan beberapa daerah untuk program ini,” tutur Harry.

Ia menjelaskan, tata kelola program tersebut akan didukung dengan aplikasi dan perangkatnya yang akan digunakan untuk penerimaan dan pengeluaran PAD. Hal ini akan memudahkan pemerintah daerah dalam mengawasi pemasukan dan pengeluaran.

Menurutnya, aplikasi yang akan digunakan bisa disandingkan dengan aplikasi yang dimiliki pemerintah daerah seperti Simda dan lainnya. Sehingga kerja sama antara Pemkab TTU dengan Bank NTT akan memudahkan pengontrolan dari pemerintah terutama untuk mendongkrak PAD.

“Semoga dengan adanya kerja sama antara Bank NTT dan Pemerintah Kabupaten TTU bisa memberikan dampak positif untuk peningkatan PAD di daerah ini. Aplikasi ini akan mempermudah pemerintah dalam mengawasi dan mengontrol PAD,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja mengapresiasi langkah kerja sama antara Pemkab TTU dengan Bank NTT dalam program yang dicanangkan BI Gerakan Nasional Non Tunai salah satunya untuk mengoptimalkan PAD disetiap daerah yang ada di Provinsi NTT.

Nyoman berharap, melalui kerja sama dapat memberikan dampak positif untuk pembangunan di daerah, sehingga dapat dijadikan sebagai contoh untuk daerah lain di Provinsi NTT. ” Penandatanganan MoU ini merupakan langkah positif yang harus didukung. Semoga dengan adanya kerja sama ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan di daerah ini,” katanya.

Terpisah, Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Setda TTU, Raymundus Thal menuturkan, Pemkab TTU menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Direktur Bank NTT dan jajarannya yang telah berusaha mewujudnyatakan perjanjian kerja sama antara Pemkab TTU dan Bank NTT Cabang Kefamenanu melalui penyerahan peralatan transaksi elektronik Point of Sales (POS).

Dikatakan, dengan bantuan peralatan transaksi elektronik POS dari Bank NTT akan sangat membantu pemerintah daerah dalam pemantauan pemasukan pajak dan retribusi daerah yang selama ini sering tidak sesuai target.

“Semoga dengan penerapan aplikasi ini transaksi-transaksi dan penerapan pajak yang terinclude di dalamnya menjadi semakin baik, tertib, akuntabel dan transparan,” tuturnya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah mengharapkan agar ke depan bukan hanya pajak makanan dan minuman saja yang dapat di pantau melalui aplikasi, tetapi seluruh objek pajak yang ada di daerah dipantau melalui aplikasi dan pemungutan bisa dilakukan secara online juga sehingga mempermudah pemantauan dan target yang diharapkan dapat terealisasi.

Raymundus berharap, melalui penandatanganan perjanjian kerja sama serta penyerahan simbolis peralatan transaksi elektronik POS dari Bank NTT Cabang Kefamenanu dan Pemkab TTU dapat membawa dampak positif bagi perkembangan ekonomi di Kabupaten TTU. (mg26/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!