Mahasiswa KKN-PPM Diminta Jaga Marwah Unwira – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Mahasiswa KKN-PPM Diminta Jaga Marwah Unwira

SIAP KKN. Mahasiswa Unwira peserta KKN-PPM mengabadikan momen usai dilepas sebagai peserta KKN-PPM oleh Rektor Unwira Kupang, Pater Philipus Tule, SVD, Senin (20/1) di Halaman Kampus Unwira Penfui.

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX-Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang melepas mahasiswanya yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN)-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kupang di Kampus Unwira Penfui, Senin (20/1).

Mahasiswa akan menjalani KKN-PPM di dua kecamatan yakni, Kecamatan Nekamese dan Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang selama kurang lebih satu bulan ke depan.

Rektor Unwira Kupang, Pater Philipus Tule SVD dalam acara pelepasan tersebut menyampaikan beberapa pesan penting kepada para mahasiswa KKN-PPM. Dia menegaskan konsep KKN Unwira yakni pembelajaran pemberdayaan masyarakat. Jadi para mahasiswa diharapkan bisa memberi sesuatu yang bisa membawa dampak baik kepada masyarakat di tempat KKN.

Pater Philipus menegaskan bahwa ada banyak tujuan yang mau dicapai dari kegiatan KKN-PPM ini. Diantaranya bagi para mahasiswa, ilmu pengetahuan teoritis yang didapat di kampus diuji ketika berhadapan dengan masyarakat.

“Kalian sebenarnya bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di masyarakat, mempraktikan pengetahuan yang didapat di kampus sekaligus belajar dari masyarakat,” ungkapnya.

Bagi para dosen pendamping, kata dia, juga belajar dari masyarakat. “Kesempatan seperti ini apalagi di suatu desa di mana kita berulang-ulang lakukan KKN-PPM di situlah tempat para dosen, mahasiswa dan masyarakat mempelajari dan menemukan solusi yang tepat dari berbagai masalah yang ada,” ujarnya.

Ia menegaskan, dengan kehadiran para mahasiswa dan dosen mesti membawa pembaharuan dalam masyarakat. Oleh karena itu, para dosen dan mahasiswa diminta menjaga marwah Unwira Kupang.

“Kalian harus jaga karakter dan keunggulan Unwira. Jaga spiritualitas dasar Unwira yang diinspirasi oleh spiritualitas St. Arnoldus Janssen, Ut Vitam Habeant Abundantius – Agar mereka memperoleh hidup dan memperolehnya dalam segala kelimpahannya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia KKN-PPM, Bruder Yohanes Arman SVD, menjelaskan, konsep KKN Unwira adalah Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM). “Yang dibawa ke sana itu ada program fisik sesuai dengan kebutuhan desa, mahasiswa bisa membuat sesuatu berdasarkan kesepakatan dengan desa,” ungkapnya.

Lebih dari itu, kata dia, selain program dari Unwira dan desa setempat, setiap mahasiswa masing-masing harus punya satu program berdasarkan basis keilmuannya. Tujuannya, setelah KKN selesai, harus ada perubahan positif yang dialami oleh masyarakat. (mg29/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!