Perhatikan 4 Hal Saat Siapkan Dana Pendidikan Anak – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Perhatikan 4 Hal Saat Siapkan Dana Pendidikan Anak

JAKARTA, TIMEX–Sebagai orangtua, Anda pasti ingin memberikan segala hal yang terbaik bagi anak. Salah satu kebutuhan yang wajib diberikan kepada anak adalah pendidikan. Saat mulai menginjak usia 4 tahun, kebutuhan pendidikan bagi buah hati harus Anda siapkan dengan baik.

Keperluan untuk mengenyam ilmu itu pun harus Anda berikan setidaknya hingga anak lulus SMA. Sudah dapat dibayangkan berapa banyak biaya yang harus dikucurkan demi memenuhi kebutuhan tersebut.

Belum lagi jika Anda menginginkan tingkat pendidikan lebih tinggi bagi anak. Perguruan tinggi bisa menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah jika jurusan yang diambil cukup bergengsi.

Dengan tingginya biaya pendidikan yang harus disiapkan, menabung untuk kebutuhan tersebut tentu hendaknya Anda lakukan sejak dini. Perkiraan untuk dana pendidikan yang diperlukan juga sudah harus diperhitungkan dengan matang agar kegiatan menabung bisa dilakukan secara terencana.

Menghitung dana pendidikan tentu membutuhkan banyak pertimbangan tentang apa saja yang diperlukan sang anak saat memilih edukasi yang bakal ditempuh. Dengan mempunyai perencanaan yang matang tentang pendidikan, biaya yang perlu disisihkan juga menjadi lebih jelas.

Oleh karena itu, dalam menyiapkan biaya pendidikan yang dibutuhkan anak, hendaknya Anda mempertimbangkan dengan baik. Bila saat ini Anda tengah menyiapkan dana pendidikan anak, sebaiknya perhatikan hal ini dulu seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (20/1).

1. Ketahui Alur Pendidikan yang Diinginkan

Menentukan alur pendidikan yang bakal dijalani anak dapat memberikan gambaran tentang nominal biaya yang harus Anda siapkan. Meski perhitungannya tidak bisa didapatkan secara akurat, setidaknya Anda dapat membuat skala pada perkiraan dana yang dibutuhkan untuk memenuhi pendidikan tersebut.

Pastinya, saat Anda ingin buah hati mendapatkan gelar S1 atau bahkan S2, biaya yang harus disiapkan juga cukup tinggi. Dengan begitu, perencanaan anggaran juga harus Anda lakukan dengan matang.

Selain itu, beberapa hal yang lebih kecil seperti, lokasi sekolah dan pemilihan antara sekolah negeri atau swasta juga akan memengaruhi total dana yang dibutuhkan dana. Bahkan, pemilihan jurusan juga memiliki keperluan yang berbeda pula saat di sekolah.

Jadi, rencanakan terlebih dahulu alur pendidikan anak Anda agar gambaran pengeluaran bisa didapatkan. Bila perlu, tanyakan pada relasi Anda yang memiliki anak dalam usia sekolah perihal kebutuhan yang harus disiapkan dalam memberikan fasilitas pendidikan yang memadai.

2. Perhitungkan Kenaikan Biaya Pendidikan di Masa Depan

Bukan rahasia umum bahwa biaya pendidikan akan selalu meningkat setiap tahunnya. Terlebih lagi untuk sekolah swasta. Karena tidak mendapat subsidi pemerintah, kenaikan tarif di sekolah swasta bisa sangat signifikan per tahunnya.

Inflasi pada biaya pendidikan memang lumrah terjadi. Tak jarang pula kenaikan biaya pendidikan jauh lebih tinggi ketimbang kenaikan harga kebutuhan pokok. Dengan alasan tersebut, hendaknya Anda memperkirakan tingkat inflasi pada sekolah yang ingin dituju.

Menanyakan kepada pihak sekolah secara langsung mengenai aturan inflasi biaya juga bukan hal yang dilarang. Dengan begitu, perkiraan kenaikan biaya pendidikan yang Anda inginkan akan menjadi lebih akurat.

3. Tentukan Durasi Menabung untuk Biaya Pendidikan

Setelah mengetahui biaya pendidikan dan tingkat inflasi yang mungkin terjadi, gambaran tentang banyaknya dana yang harus Anda kumpulkan tentu menjadi lebih jelas. Dengan begitu, merencanakan lama waktu menabung bisa Anda hitung dengan seksama.

Memulai menabung untuk biaya pendidikan memang hendaknya Anda lakukan sejak dini. Dengan begitu, kondisi keuangan Anda nantinya akan menjadi lebih siap dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

Biasanya, biaya pendidikan yang wajib Anda lunasi dengan segera adalah uang pangkal. Dalam memenuhi kewajiban tersebut, Anda dapat mencicilnya dengan cara menabung biasa atau dengan berinvestasi.

4. Pertimbangkan Jenis Investasi yang Bisa Dipilih

Jika masa mengenyam pendidikan anak masih lama, mengumpulkan dana dengan cara berinvestasi adalah cara terbaik yang bisa Anda pilih. Secara umum, ada 4 jenis investasi yang bisa Anda pilih, yaitu, investasi logam mulia, Surat Utang Negara, reksa dana, dan saham.

Jika lama waktu menyiapkan dana pendidikan anak lebih dari 5 tahun, Anda bebas memilih satu dari 4 instrumen investasi tersebut. Namun, jika durasi persiapan kurang dari 3 tahun ,sebaiknya Anda memilih jenis investasi logam mulia atau Surat Utang Negara, karena investasi tersebut bisa diperjualbelikan saat dibutuhkan. (jpg/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!