39 Peserta Langsung Gugur – Timor Express

Timor Express

METRO

39 Peserta Langsung Gugur

SERIUS. Peserta sesi ke III mulai mengikuti seleksi di Ruang Politekni Negeri Kupang, Kamis, (30/1).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

SKD CPNS NTT
Polisi dan Sat Pol PP Jaga Ketat

KUPANG, TIMEX – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tingkat Provinsi NTT di hari pertama dilangsungkan di Gedung Perpustakaan Politeknik Negeri Kupang (PNK), Kamis (30/1).

Proses seleksi untuk sesi pertama hingga sesi kelima untuk hari pertama berlangsung lancar tanpa kendala atau hambatan dari panitia maupun para peserta tes. Dari jadwal yang ditentukan, total keseluruhan peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 875 orang. Setiap sesi terdiri dari 175 orang. Namun, yang hadir hanya sebanyak 863.

Tidak hadir 39 orang. Sesuai aturan, peserta yang tidak hadir atau terlambat langsung dinyatakan gugur.

Kepala BKD NTT, Henderina Laiskodat melalui Kepala Bidang Perencanaan Pendidikan Aparatur dan Sistem Informasi BKD NTT, Fransiskus Alu Wotan, saat ditemui Timor Express di sela-sela ujian mengatakan pihaknya hanya membantu memfasilitasi proses seleksi, namun yang lebih menentukan adalah panitia dari BKN.

Dikatakan, setiap sesi hanya diberi waktu selama 90 menit. Semua peserta sudah harus berada di lokasi, sebelum dimulai karena bagi peserta yang terlambat tidak diizinkan masuk dan dianggap gugur. “Tadi ada beberapa orang yang terlambat, karena itu tidak bisa diizinkan masuk karena peserta yang lain sudah mulai login. Untuk ujian ini tidak ada alasan untuk tidak hadir,” ujarnya.

Disampaikan pula bahwa dari tes tersebut untuk mencapai passing grade telah ditentukan nilainya yakni untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65, Tes Intelejensia Umum (TIU) 80, Tes Karakter Pribadi (TKP) 126 sehingga total 271. “Total hanya 271 tetapi peserta harus kejar nilai yang setinggi-tingginya agar bisa mendapat kesempatan seleksi berikut yakni Seleksi Kompetisi Bidang (SKB),” ujarnya.

Diharapkan kepada para peserta yang belum dan akan mengikuti seleksi untuk hadir tepat waktu karena tidak ada toleransi jika terlambat. “Yang tinggal jauh atau berasal dari daerah maka harus datang dan menginap di keluarga di sekitar Kota Kupang agar tidak terlambat,” ungkapnya.

Sementara Maria Mone Ke salah satu peserta, usai mengikuti ujian mengaku bahwa jumlah soal yang disediakan sebanyak 100 butir soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda. “Soalnya tidak terlalu sulit, yang terpenting kita belajar karena, kalau saya belajar dari pengalaman tahun lalu jadi sedikit memudahkan,” katanya.

Selain itu ia juga mengatakan sesuai hasil seleksi, dirinya melebihi passing grade yakni 361, namun masih menunggu pengumuman resmi lagi karena banyak yang memperoleh nilai tinggi. “Banyak peserta yang dapat nilai tinggi jadi tunggu saja formasi yang saya pilih berapa orang yang nilai tinggi,” tuturnya.

Untuk diketahui, seleksi tersebut digelar pada pukul 08.00-18.00 wita menggunakan lima ruang. Sebelum masuk ruang tes, peserta terlebih dahulu mengisi daftar hadir, mendapat penjelasan terkait penyelesaian soal. Stelah mendapat penjelasan, maka peserta diarahkan ke ruangan dan mendapat pemeriksaan dari panitia. Proses seleksi juga mendapat pengawasan ketat dari pihak Kepolisian dan Sat Pol PP. (mg29/sam)

Sesi I
Hadir 167 orang
Tidak Hadir 8 Orang
Nilai Tertinggi 415

Sesi II
Hadir 166 orang
Tidak Hadir 9 Orang
Nilai Tertinggi 414

Sesi III
Hadir 168
Tidak Hadir 7
Nilai Tertinggi 412

Sesi IV
Hadir 167
Tidak Hadir 8
Nilai Tertinggi 392

Sesi V
Hadir 168
Tidak Hadir 7
Nilai Tertinggi 359



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!