Capai Passing Grade Belum Tentu Lolos – Timor Express

Timor Express

METRO

Capai Passing Grade Belum Tentu Lolos

SKD CPNS Pemprov NTT
Di TTU, 77 Orang Lolos Passing Grade

KUPANG, TIMEX – Proses seleksi kompetisi dasar (SKD) calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah berlangsung selama dua hari, Kamis (30/1) dan Jumat (31/1).

Seleksi untuk pelamar formasi kesehatan pada hari pertama dan hari kedua masuk bidang teknis, menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Hal itu terlihat dari persaingan perolehan nilai dari para peserta yang cukup tinggi. Setiap sesi tes melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) rata-rata peserta memperoleh nilai melebihi passing grade yang ditentukan.

Peserta yang lulus passing grade SKD pada seleksi CPNS tahun ini terbilang sangat banyak dibandingkan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Ini dikarenakan passing grade SKD sudah diturunkan. Seleksi tahun 2020, peserta diuji tiga meteri, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan passing grade 80, kemudian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan Passing Grade 65, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan Passing Grade 126.

Bagi para peserta yang nilainya melampaui passing grade atau lebih tinggi pada setiap sesi belum tentu lolos sebagai PNS karena masih ada tahapan seleksi lanjutan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT, Henderina Laiskodat melalui Kepala Bidang Perencanaan Pendidikan Aparatur dan Sistem Informasi BKD NTT, Fransiskus Alu Wotan, saat ditemui Timor Express usai tes hari kedua, kemarin, mengatakan para peserta yang nilainya tinggi, belum ada jaminan bisa mengikuti seleksi tahapan berikutnya, yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang dijadwalkan 23 Maret 2020. “Peserta yang lolos ke tahap seleksi TKB merupakan mereka yang tertinggi dari satu formasi. Artinya, jika jabatan tertentu diterima (formasi) 1 orang, maka peserta TKB adalah peserta yang masuk Passing Grade ranking 1 sampai 3. Jika diterima 2 formasi, maka peserta TKB adalah peserta yang masuk Passing Grade ranking 1 sampai 6 dan seterusnya,” jelasnya.

Ditambahkan, dengan ketentuan tersebut para peserta yang mencapai passing grade belum pasti lolos. Pihaknya mengharapkan para peserta tetap bersabar menanti hasil pengumuman resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Kita tunggu saja pengumuman selanjutnya dari BKN,” katanya.

Aryanto Manafe, salah satu peserta seleksi CPNS mengatakan pihaknya belum bisa memastikan siapa-siapa yang lolos pada formasi yang diikutinya karena tes dilakukan secara umum. “Nilai saya melampaui passing grade tapi belum tau apakah nilai nilai saya tertinggi di formasi yang saya pilih atau ada yang lebih tinggi,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Lodia Wahyuni, salah satu peserta SKD asal Kota Kupang. Ia mengaku setelah mengikuti SKD, masih menunggu pengumuman resmi dari BKN. Ia juga tidak mengetahui berapa banyak peserta di formasi yang dilamarnya mendapat nilai tertinggi atau melampaui passing grade. “Kita tidak tidak tau siapa yang memiliki nilai tinggi dan apakah kita masuk rangking berapa,” tambahnya. Untuk diketahui, dari total peserta yang dijadwalkan mengikuti seleksi hari kedua, sebanyak 875 orang peserta, namun terdapat 40 orang tidak mengikuti seleksi, sehingga SKD hari kedua hanya diikuti 835 orang. Sementara peserta yang mengikuti seleksi hari pertama sebanyak 875 orang yang dibagi setiap sesi sebanyak 175 orang. Namun yang hadir hanya sebanyak 836 dan tidak hadir 39 orang.

Sementara itu, dari TTU dilaporkan pada hari kedua SKD, hasilnya cukup memuaskan. Dari total 500 peserta yang mengikuti seleksi CPNS, terdapat 77 peserta yang dinyatakan mencapai passing grade.

Pantauan langsung Timor Express, peserta seleksi CPNS di Kabupaten TTU pada hari kedua diikuti oleh 500 orang. Mereka dibagi dalam lima sesi yang dimulai dari pukul 08.00 sampai 18.30. Pada sesi pertama terdapat 14 peserta yang dinyatakan lolos passing grade dari jumlah 100 peserta.

Untuk sesi kedua, terdapat 20 peserta yang mencapai passing grade. Sesi ketiga, 14 peserta yang mencapai passing grade. Sesi keempat hasilnya 15 orang yang mencapai passing grade dan sesi kelima terdapat 14 orang yang lolos passing grade. Dengan demikian untuk hari kedua terdapat 77 peserta yang berhasil mencapai passing grade.

Salah satu peserta, Ina Seran Kepada Timor Express, dirinya berterima kasih kepada pemerintah yang telah membuka ruang untuk proses seleksi CPNS di Kabupaten TTU yang dilakukan secara transparan.

Dikatakan, soal-soal ujian tes CPNS sangat menantang dan menjebak, sehingga dibutuhkan kesiapan yang baik untuk menyelesaikannya. Tingkat kerumitan yang tinggi terdapat pada Tes Intelegensi Umum (TIU). “Tes ini sangat transparan dan hasilnya langsung kita ketahui dan ini merupakan peluang bagi peserta yang mempersipakan diri dengan baik. Saya telah mempersiapkan diri dengan baik sehingga dapat mengerjakan seluruh soal tes CPNS dengan baik sehingga memperoleh hasil yang memuaskan dan melebihi target passing grade,” tutur Seran.

Hal serupa juga disampaikan Ariyanto Yosep Naisau. Ia mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengikuti ujian seleksi CPNS tersebut di antaranya terdapat beberapa soal yang sifatnya menjebak, sehingga membutuhkan analisa yang baik.

Meski demikian, kata Ariyanto, pihaknya mengaku bangga karena telah berusaha menyelesaikan soal-soal pada tes CPNS kali ini dengan baik terutama soal-soal tes Intelegensi Umum (TIU) yang sangat menantang. “Kalau kita siapkan diri dengan baik pasti memperoleh hasil yang baik juga. Memang ada beberapa soal dan jawaban yang menjebak namun kita harus menganalisa dengan baik sehingga tidak salah menjawab,” katanya.

Terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Seleksi CPNS Kabupaten TTU, Fransiskus Tilis mengaku bangga dengan hasil tes CPNS hari kedua yang hasilnya cukup memuaskan. Pasalnya, dari 500 peserta terdapat 77 orang yang dinyatakan lolos passing grade.

Fransiskus berharap keberhasilan dan prestasi yang telah diraih oleh para peserta CPNS di hari kedua dapat dipertahankan untuk hari-hari berikut sampai pelaksanaan tes CPNS selesai.

Ia mengimbau para peserta CPNS untuk mempersiapkan diri dengan baik, sehingga dapat menyelesaikan soal-soal tes CPNS dengan baik pula dan memperoleh hasil yang memuaskan. “Kita harap prestasi yang telah diraih di hari kedua ini dapat dipertahakan. Karena itu peserta tes CPNS harus mempersiapkan diri dengan baik. Terutama kesiapan dalam memgoperasikan komputer maupun dalam mengerjakan soal-soal tes sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan,” ujarnya. (mg29/mg26/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!