2.000 Peserta Lolos Passing Grade – Timor Express

Timor Express

METRO

2.000 Peserta Lolos Passing Grade

TERAKHIR. Para peserta saat mengerjakan soal SKD di Kampus Politeknik Negeri Kupang (PNK), Kamis (6/2). Kemarin adalah hari terakhir SKD untuk CPNS Pemprov NTT.

YOHANES SIKI/TIMEX

Seleksi CPNS Provinsi NTT
346 Peserta Tidak Ikut Tes

KUPANG, TIMEX – Tahapan seleksi CPNS Pemerintah Provinsi NTT berakhir Kamis (6/2) kemarin. Tercatat sebanyak 6.126 mengikuti tes kompetensi dasar (TKD). Sedangkan 346 peserta tidak hadir. Mereka langsung dinyatakan gugur.

Berdasarkan hasil tes, nilai tertinggi mencapai 418 sedang nilai terendah adalah 80. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT juga memastikan sebanyak lebih dari 2.000 peserta lolos passing grade. Jumlah ini jauh melampaui jumlah formasi yang ditetapkan, yakni 507 formasi.

Kepala BKD NTT, Henderina Laiskodat saat dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Perencanaan Pendidikan Aparatur dan Sistem Informasi BKD NTT, Fransiskus Alu Wotan, mengatakan jumlah peserta yang lolos passing grade belum riil karena masih menunggu rilis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang mengumumkan perengkingan nilai. “Hasil tahun ini jauh lebih banyak peserta yang lolos passing grade. Mungkin belajar dari tahun lalu sehingga persiapannya lebih baik,” katanya.

Menurut Frans, sesuai jadwal hasil ujian kompetensi dasar akan diumumkan pada 22-23 Maret mendatang. Selanjutnya mereka yang lolos akan mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Aturannya tiga kali formasi. Artinya bila ada formasi guru di sekolah A, tentu akan diikuti tiga orang yang diumumkan lolos passing grade sesuai perengkingan.

“Bedanya aturan SKB tidak lagi pakai passing grade. Siapa yang nilainya tinggi itu yang lulus,” jelasnya.
Lebih lanjut Frans merincikan jumlah formasi yang harus diisi sesuai data sebanyak 507 formasi. Rinciannya untuk tenaga pendidik 389 orang, tenaga kesehatan 65 orang dan tenaga teknis 53 orang. Dengan demikian nilai tertinggi belum dijamin lulus karena masih ada tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Dikatakan, setiap tahapan hasilnya diumumkan terbuka layar monitor dan juga ditempel di dinding. Bukan hanya itu, hasil ujian setiap harinya di-upload ke website BKD Provinsi NTT. “Ya ini proses terbuka, sehingga kita selalu imbau jangan cepat percaya orang. Mau tau informasi apapun ikut saja di web BKD NTT atau ke kantor dan tanya hasil di sana,” katanya.

Menurut Frans, SKD yang berlangsung sejak hari pertama hingga terakhir, atau selama delapan hari, terlaksana dengan sukses, aman dan lancar.

Untuk diketahui, peserta yang lolos ke tahap TKB merupakan mereka yang tertinggi dari satu formasi. Artinya, jika jabatan tertentu diterima (formasi) 1 orang, maka peserta TKB adalah peserta yang masuk Passing Grade ranking 1 sampai 3. Jika diterima 2 orang, maka peserta TKB adalah peserta yang masuk Passing Grade ranking 1 sampai 6. Dengan ketentuan tersebut, para peserta yang mencapai passing grade di SKD belum pasti lolos.

Pelamar CPNS 4,4 Juta Orang

Plt. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan sejauh ini tidak ada temuan kasus atau pelanggaran yang signifikan dalam tes SKD.

Sebagaimana diketahui pada tes SKS CPNS sebelumnya, ditemukan sejumlah pelanggaran. Seperti peserta membawa ponsel ke ruang ujian. Kemudian juga ditemukan peserta yang memasang kamera dan terhubung ke temannya. Tujuan kameranya itu untuk meminta bantuan teman mengerjakan soal ujian.

“Mungkin sudah tahu tidak akan lolos screening,” katanya. Dia menegaskan sebelum masuk ke ruang ujian, setiap peserta melewati proses body checking.

Untuk internal BKN, Paryono mengatakan jumlah pelamar CPNS di BKN mencapai 3.705 orang. Kemudian pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat untuk ikut SKD berjumlah 2.103 orang.

Paryono menginginkan pelaksanaan SKD masih berlangsung sampai 28 Februari. Dia berharap pelaksanaan SKD berjalan lancar sampai tuntas nanti. Peserta yang belum melaksanakan SKD diminta untuk mematuhi peraturan supaya tidak dicoret atau dianggap gugur.

Tahun ini jumlah pelamar CPNS baru berjumlah 4.433.029 orang. Dari jumlah itu, pelamar yang memenuhi syarat untuk bisa ikut SKD sebanyak 3.364.868 orang. Dibandingkan dengan jumlah pelamar CPNS 2018, terjadi kenaikan sekitar 12 persen. Pemerintah membuka lowongan CPNS baru sebanyak 152.287 kursi. Perinciannya 34.425 kursi untuk instansi pusat dan 114.861 kursi. (mg33/wan/jpg/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!