BI Perwakilan NTT Sumbang 172 Kantong Darah – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

BI Perwakilan NTT Sumbang 172 Kantong Darah

DONOR DARAH.Sejumlah pegawai ikut donor darah yang digelar BI Perwakilan NTT di kantor BI NTT, Kamis (6/2)

ISTIMEWA

KUPANG, TIMEX-Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi NTT tidak hanya menjalankan fungsi moneter. Kali ini, BI NTT membantu masyarakat melalui kegiatan donor darah yang digelar Kamis (6/2) di kantor tersebut.

Hasilnya, sebanyak 172 kantong dasar berhasil dikumpulkan. Kegiatan itu atas kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kupang. Aksi kemanusiaan itu berhasil menyumbang 33 kantong golongan darah A, 53 golongan darah B, 75 golongan darah ) dan 11 golongan darah AB.

Tidak hanya BI, kegiatan tersebut juga melibatkan sejumlah. Misalnya perbankan di wilayah Kota Kupang, polisi, tentara dan juga masyarakat sekitaran.

Kepala BI Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja mengatakan, kegiatan itu sebagai aksi sosial kemanusiaan. Pasalnya, kebutuhan darah di NTT, khususnya Kota Kupang sangat tinggi. Dan, salah satu masalah kesehatan yang dihadapi adalah demam berdarah yang sedang mewabah.

Menurut dia, wabah demam berdarah saat ini juga berkaitan dengan musim hujan. Sehingga aksi sosial yang lakukan BI tersebut diharapkan bisa berkontribusi dalam menanggulangi wabah deman berdarah itu.

“Masyarakat membutuhkan darah, sedangkan persediaan darah di PMI masih terbatas. Untuk itu, darah yang disumbangkan nantinya, diharapakan bisa membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” harap dia.

Nyoman lanjutkan, BI tidak berhenti di situ. Untuk membantu masyarakat, pihaknya akan menggelar donor darah secara rutin setiap tiga bulan. Dan dia tegaskan, aksi sosial tersebut adalah bagian dari kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat.

Niat baik dari BI NTT itu disambut gembira oleh Unit Transfusi Darah NTT. Staf Unit Transfusi Darah PMI Provinsi NTT Eduard Babu mengungkapkan, dalam sehari pihak PMI membutuhkan setidaknya 100 kantong darah untuk 13 rumah sakit yang ada di Kota Kupang. “Paling besar di rumah sakit umum Yohanes, yang mencapai 900 kantong darah setiap bulann,” sebut Eduard.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!