BMKG Prediksi NTT Hujan Lebat dan Angin Kencang – Timor Express

Timor Express

METRO

BMKG Prediksi NTT Hujan Lebat dan Angin Kencang

JAKARTA, TIMEX – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam tiga hari kedepan atau pada periode 6 hingga 8 Februari 2020 akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan BMKG mendeteksi pertumbuhan Bibit Siklon Tropis di Perairan Barat Australia yang bergerak ke arah Barat Daya.

Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana dalam keterangan pers kemarin (6/2) menyebutkan beberapa faktor lain diantaranya karena adanya daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Sumatera. “Selain itu ada juga sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Kepulauan Nias dan Mentawai. Juga di Perairan utara Maluku Utara,” katanya.

Dalam pantauan beberapa jam terakhir, daerah pertemuan aliran udara (Konvergensi) memanjang di Kepulauan Mentawai, dari Timur Lampung hingga Perairan utara Jawa Tengah, serta dari Laut Sumbawa hingga Laut Flores.
“Beberapa daerah belokan angin yang kami deteksi terdapat di wilayah Sumatera Bagian Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Perairan Utara Sulawesi,” jelasnya.

Pada hari Kamis (6/2) beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir, meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku hingga Papua.

Sementara pada hari ini (7/2) potensi hujan berada di beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, hingga Papua.

Sedangkan esok hari (8/2) beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan deras disertai angin kencang meliputi Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, serta Papua. (tau/jpg/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!