Pendaftaran Akun UTBK-SBMPTN Diundur – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Pendaftaran Akun UTBK-SBMPTN Diundur

Mohammad Nasih

 Dibuka 17 Februari sampai 5 April

JAKARTA, TIMEX–Lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT) merevisi jadwal rangkaian pendaftaran ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (UTBK-SBMPTN) 2020. Pendaftaran akun yang sedianya dimulai hari ini (7/2), diundur menjadi 17 Februari depan.

Di dalam pengumuman resmi yang diterbitkan LTMPT disebutkan, semula jadwal pembuatan akun LTMPT untuk UTBK-SBMPTN 2020 dimulai 7 Februari sampai 5 April. Kemudian direvisi menjadi 17 Februari sampai 5 April. Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih mengatakan perubahan jadwal ini imbas dari proses pengisian pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) oleh sekolah.

Nasih menjelaskan masih banyak sekolah yang belum mendaftar di PDSS. Proses pendaftaran PDSS ini penting, karena menjadi rangkaian awal seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Panitia sempat mengundur batas akhir pengisian PDSS sampai dua kali. Akibatnya jadwal pendaftaran akun LTMPT untuk UTBK-SBMPTN 2020 ikut dimundurkan.

Nasih mengingatkan pendaftaran akun LTMPT untuk UTBK-SBMPTN 2020 itu dikhususkan bagi siswa. ’’Jadi yang mendaftar siswanya. Karena nanti yang mengikuti ujian (UTBK, Red) adalah siswanya,’’ kata Rektor Universitas Airlangga (Unair) itu tadi malam (6/2).

Dia memperkirakan jumlah pendaftar UTBK-SBMPTN tahun ini bakal mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Jumlah pendaftar UTBK-SBMPTN tahun lalu mencapai 1,6 juta orang. Meskipun begitu Nasih belum bisa memperkirakan jumlah peningkatan pendaftar UTBK-SBMPTN tahun ini.

Nasih menjelaskan siswa yang sudah didaftarkan hingga tuntas di sistem LTMPT oleh sekolahannya, tidak perlu lagi mendaftar akun LTMPT. Sebaliknya siswa yang belum didaftarkan di sistem LTMPT oleh sekolahannya, harus mendaftar akun LTMPT sendiri supaya bisa ikut UTBK-SBMPTN. Nasih mengatakan LTMPT sejatinya meminta sekolah memasukkan data seluruh siswanya di sistem LTMPT. Namun ada juga sekolah yang tidak mendaftarkan seluruh siswanya di sistem LTMPT.

Nasih menyebutkan jumlah sekolah yang sudah registrasi permanen akun LTMPT mencapai 19.681 unit. Dari jumlah tersebut, sekolah yang sudah mengisi data di PDSS ada 16.911 unit. Kemudian sekolah yang sudah finalisasi input data ada 11.039 unit. Lalu sekolah yang sudah melaukan pemeringkatan siswanya untuk proses SNMPTN 2020 ada 9.023 unit. Nasih berharap sekolah yang sudah melakukan registrasi permanen di akun LTMPT untuk menuntaskan proses sampai pemeringkatan untuk diolah dalam SNMPTN.

Sementara itu total siswa yang sudah diisikan datanya di sistem LTMPT oleh sekolah berjumlah 1.975.595 orang. Dari jumlah itu, siswa yang sudah punya akun LTMPT ada 1.301.178 orang. Kemudian siswa yang sudah punya akun sekaligus permanen datanya ada 1.199.099 orang. (wan/jpg/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!