PPK Hampir Rampung, PPS Berproses – Timor Express

Timor Express

METRO

PPK Hampir Rampung, PPS Berproses

Pilkada 2020
Seleksi Panitia Ad Hoc untuk Pilada

KUPANG,  TIMEX– Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten sedang merekrut penyelenggara ad hoc. Dipastikan dua lembaga ad hoc ini sudah bisa rampung sebelum tahapan verifikasi faktual calon perseorangan.

Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Yosafat Koli saat dikonfirmasi Timor Express, Rabu (19/2) mengatakan KPU kabupaten sedang melakukan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK). Prosesnya hampir final. Sedangkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) masih berproses. Perekrutan ad hoc ini untuk sembilan kabupaten yang selenggarakan Pilkada.

Pembentukan panitia ad hoc ini untuk mendukung kelancaran Pilkada 2020. “Sehingga diharapkan semua tahapan berjalan lancar dan sukses melibatkan masyarakat, seperti tahapan perekrutan panitia ad hoc saat ini dan tahapan selanjutnya,” kata Yosafat.

Dikatakan, pembentukan PPK sudah sampai tahapan pengumuman 10 besar untuk mendapat tanggapan masyarakat dan klarifikasi. Selanjutnya dari 10 orang akan ditetapkan lima orang yang nantinya dikukuhkan menjadi anggota PPK.

Sedangkan untuk PPS di tingkat desa/kelurahan, sedang berproses. Sesuai jadwal, pengumuman sudah dilakukan sejak 15 Februari hingga pelantikan pada 22 Maret nanti. Selanjutnya setelah penyelenggara ad hoc terbentuk maka mulai melaksankan tugas melakukan verifikasi faktual calon perseorangan mulai 25 Maret. “Untuk PPK sudah penetapan 10 besar. Tunggu saja tanggapan masyarakat dan klarifikasi. Kalau PPS sementara berproses. Intinya sebelum verifikasi faktual calon perseorangan sudah pengukuhan panitia ad hoc,” tandas anggota KPU NTT dua periode ini.

Mantan Ketua KPU Ngada ini menjelaskan untuk bakal calon perseorangan, sedang berproses di KPU. Setelah penyerahan dan verifikasi dokumen pasangan bakal calon perseorangan, dilanjutkan dengan verifikasi administrasi, verifikasi faktual dan rekapitulasi dukungan hasil verifikasi faktual. Terpisah, juru bicara Bawaslu NTT Jemris Fointuna mengatakan Bawaslu sedang melakukan perekrutan Panwaslu desa/kelurahan. Dipastikan panitia pengawas ad hoc sudah dikukuhkan sebelum dimulai tahapan verifikasi faktual calon perseorangan. Sebab kehadiran pengawas desa/kelurahan yang nantinya turun langsung mengawasi setiap desa atau kelurahan yang menjadi lokasi verifikasi faktual bakal pasangan calon perseorangan. “Pengawas desa/kelurahan sedang direkrut.

Mereka ini yang nanti turun langsung awasi verifikasi faktual mulai 26 Maret,” katanya.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu NTT ini menjelaskan saat ini Bawaslu sedang mengawasi tahapan penyerahan dokumen syarat dukungan dan sebaran bakal calon perseorangan kepada KPU. (mg33/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!