Total Dukungan Paket Ayo Capai 20 Ribu – Timor Express

Timor Express

METRO

Total Dukungan Paket Ayo Capai 20 Ribu

Sudah Lewati Tahap Verifikasi Administrasi

KEFAMENANU, TIMEX – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) telah menggelar rapat pleno untuk menyampaikan hasil verifikasi administrasi syarat dukungan bakal calon perseorangan pada Pilkada Kabupaten TTU 2020 yang digelar di aula Kantor KPU TTU, Minggu (23/2).

Dalam rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka dan dihadiri oleh seluruh komisioner dan kepala kesekretariatan memutuskan bahwa berkas administrasi dari pasangan calon independen Agus Talan dan Yosep Akoit (Ayo) dengan memenuhi syarat administrasi.

Paulinus Lape Feka mengatakan penyerahan syarat dukungan dari Paket Ayo, telah dinyatakan lengkap dan sesuai dengan ketentuan dan telah diterima oleh KPU untuk proses lebih lanjut.

Dikatakan, jumlah syarat dukungan yang diserahkan kepada KPU TTU sebanyak 21.231 foto copy KTP. Jumlah syarat dukungan tersebut telah diverifikasi dan sebanyak 20.267 dukungan diterima oleh KPU.

Sesuai syarat yang ditentukan oleh KPU, pasangan calon yang ingin maju melalui jalur independen atau jalur nonpartai politik wajib mengumpulkan syarat dukungan minimal 16.805 dukungan.

“Dokumen syarat dukungan yang diserahkan oleh paslon independen Agus Talan dan Yosep Akoit diterima oleh KPU TTU. Hasil Pemeriksaan awal memenuhi syarat dukungan dan penyebaran minimal,” tutur Feka.

Setelah berkas dukungan diterima, KPU TTU akan melakukan verifikasi administrasi pada 27 Februari mendatang guna memastikan fisik administrasi yang diserahkan sudah sesuai dengan syarat dukungan yang telah di-upload di silon milik KPU atau tidak.

Feka menjelaskan, syarat dukungan yang akan diverifikasi apabila dinyatakan layak, maka KPU akan melanjutkan ke proses verifikasi faktual guna memastikan di lapangan terkait keabsahan dari syarat dukungan yang dimasukkan tersebut.

“Proses selanjutnya itu setelah KPU menerima berkas akan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi yang akan dilakukan pada tanggal 27 Februari. Apabila lolos verifikasi administrasi baru dilanjutkan verifikasi Faktual,” jelas Feka.

Sementara itu, bakal calon Bupati TTU dari jalur independen, Agus Talan menuturkan pihaknya bersama tim memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada pihak penyelenggara untuk melakukan verifikasi terkait syarat dukungan yang telah diberikan tersebut.

Dikatakan, dukungan yang diberikan tersebut murni dari masyarakat yang tersebar di 24 kecamatan di Kabupaten TTU, sehingga dipastikan pihaknya akan lolos verifikasi dan akan ditetapkan sebagai salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati TTU dari jalur perseorangan. “Dukungan yang diberikan oleh masyarakat TTU ini perlu dihargai makanya kami optimis akan lolos verifikasi sehingga ikut berlaga di panggung politik lima tahunan ini.

Apabila nantinya terpilih, maka aspirasi dari masyarakat tentu akan kita perjuangkan,” ujarnya. Pasangan calon ini mendaftar ke KPU TTU pada Sabtu (22/2) lalu. (mg26/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!