Pojok Pajak Hadir di Lippo dan Transmart – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Pojok Pajak Hadir di Lippo dan Transmart

LAPOR SPT.Para wajip pajak kini sudah bisa mendapat pelayanan di Transmart dan Lippo Plaza Kupang.

ISTIMEWA

KPP Pratama Kupang Dekatkan Pelayanan

KUPANG, TIMEX-KPP Pratama Kupang terus melakukan berbagai upaya untuk memudahkan pelayanan bagi para wajib pajak. Salah satunya dengan membuka Pojok Pajak di Lippo Plaza dan Transmart Kupang mulai 10-12 Maret 2020. Hal ini merupakan wujud respon atas antusias masyarakat melaporkan SPT Tahunan.

Data KPP Pratama Kupang menyebutkan, pertumbuhan jumlah wajib pajak di KPP Pratama Kupang yang melaporkan SPT Tahunan meningkat signifikan 33,3 persen dibanding tahun lalu di hari yang sama. Hingga 9 Maret 2020, jumlah wajib pajak yang sudah lapor SPT Tahunan menyentuh angka 31.079 wajib pajak. Angka tersebut meningkat signifikan dibanding data tahun lalu di akhir 9 Maret 2019 sebanyak 23.315 wajib pajak.

Dari 31.079 wajib pajak tersebut terdapat 30.334 wajib pajak orang pribadi yang telah melaporkan SPT Tahunannya. Angka tersebut meningkat 33,12 persen dari tahun lalu di hari yang sama terdapat 22.786 wajib pajak orang pribadi yang lapor. Sedangkan pelaporan SPT Tahunan wajib pajak badan telah menyentuh angka 745 wajib pajak.

Data tanggal 9 Maret 2020 itu menyatakan bahwa sebanyak 30.619 wajib pajak orang pribadi maupun badan melaporkan SPT Tahunannya melalui e-Filing. Meningkat sebanyak 37,82 persen dari tahun lalu di tanggal yang sama, yaitu sebanyak 22.216. Hal ini menunjukkan wajib pajak KPP Pratama Kupang sudah mulai memanfaatkan perkembangan teknologi dalam melakukan kewajiban perpajakannya.

Data yang menunjukkan hasil positif tersebut tidak luput dari keberhasilan program strategi KPP Pratama Kupang dalam pengamanan SPT Tahunan Tahun Pajak 2019. Strategi tersebut antara lain duta e-Filing, sosialisasi melalui media cetak maupun online dan program “jemput bola”.

KPP Pratama Kupang gencar melakukan program jemput bola yang telah terbukti berhasil pada tahun sebelumnya. Program tersebut telah dijalankan sejak awal Januari dalam bentuk bimbingan teknis dan asistensi pelaporan SPT Tahunan. Program jemput bola tersebut dilakukan di instansi-instansi di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Bimbingan teknis pelaporan SPT Tahunan orang pribadi khusus profesi profesional juga diberikan kepada beberapa perkumpulan seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (GAPENSI) dan Agen Asuransi Allianz.

Selain itu, KPP Pratama Kupang telah menjadwalkan sejumlah strategi lanjutan di bulan Maret 2020. Program jemput bola masih dilanjutkan ke beberapa instansi dan perkumpulan pengusaha atau tenaga professional. Strategi lain juga dilakukan dengan membuka pojok pajak di Transmart serta Lippo Mall yang sudah dibuka mulai 10-12 Maret 2020 pukul 17.00 sampai 20.00 WITA.

Kepala KPP Pratama Kupang, Moch.Luqman Hakim mengatakan, dibukanya Pojok Pajak di Lippo Plaza dan Transmart diharapkan dapat memfasilitasi wajib pajak yang belum sempat melaporkan. “Sambil makan malam atau belanja di mall, wajib pajak bisa diasistensi melaporkan SPT Tahunannya. Jadi, mari semua wajib pajak memanfaatkan kesempatan ini untuk melapor SPT Tahunan,” ujar Luqman.

KPP Pratama Kupang berharap dengan semua strategi yang dijalankan tersebut dapat memberikan kemudahan kepada wajib pajak untuk menjalankan kewajiban perpajakannya, sehingga indeks kepatuhan wajib pajak KPP Pratama Kupang meningkat. “Kami mengajak masyarakat Kupang untuk segera melaporkan SPT Tahunannya sebelum 31 Maret untuk orang pribadi dan 30 April untuk wajib pajak badan. Jangan sampai terlambat. Karena lebih awal lebih nyaman,” kata Luqman di area Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Kupang.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!