Alumni Prodi Keperawatan Ajak Tingkatkan Profesionalisme – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Alumni Prodi Keperawatan Ajak Tingkatkan Profesionalisme

IKATAN Alumni D3 Keperawatan Ende (IAPKE) mengajak perawat untuk meningkatkan  profesionalisme karena tenaga  perawat adalah  tonggak pertama yang akan dicari masyarakat yang terkena musibah bencana.

Peningkatan profesionalisme merupakan hal wajib bagi para perawat agar menjadi tenaga profesional  dalam bidang tugasnya yang bersentuhan langsung dengan nyawa manusia.

Ketua IAKPE, Herman A Leta yang  ditemui  saat kegiatan seminar sehari  yang  dilaksanakan di aula Mautapaga, Sabtu (14/3) mengatakan, terkait  peningkatan profesi, maka IAPKE bekerja sama dengan HMPS Prodi DIII Keperawatan mengadakan seminar keperawatan.

Kegiatan dilakukan guna meningkatkan wawasan tenaga keperawatan tentang penanggulangan bencana dan meningkatkan profesionalisme perawat.

Kegiatan bertujuan melaksanakan visi program Studi DIII Keperawatan Ende yaitu menjadi Prodi DIII Keperawatan berkualitas yang menghasilkan lulusan yang mandiri, berkarakter dan unggul dalam penanggulangan bencana. Kegiatan bekerja sama dengan HMPS D3 Prodi Keperawatan Ende.

“Kegiatan ini juga untuk membantu perawat mendapatkan surat kredit profesi (SKP) untuk kebutuhan surat tanda register (STR). Pada kegiatan  seminar, peserta mendapat empat SKP,” katanya.

Sementara ketua panitia, Maria Salestina Sekunda mengatakan, peserta yang hadir dalam seminar sebanyak 600 orang. Menurut dia,  peserta yang hadir bukan saja berasal dari Kabupaten Ende, tetapi juga dari  kabupaten lain di NTT.

“Ada juga dari alumni kampus lain serta mahasiswa Prodi Keperwatan Ende. IAPKE mempunyai peran untuk  memberikan kontribusi dalam peningkatan profesionalisme tenaga  keperawatan serta kontribusi untuk  kampus melalui kegiatan seperti ini,” ujar Maria.

Dia menambahkan, seminar seperti akan dilakukan secara rutin bagi tenaga perawat.

Sebagai alumni pihaknya merasa wajib memberikan kontribusi melalui kegiatan seperti itu demi meningkatkan profesi. Selain itu, sebagai ruang bagi peserta dalam hal ini tenaga perawat menambah pengetahuannya agar menjadi tenaga yang  profesional  dalam dunia kerja.

Materi yang  diberikan dalam kegiatan  seminar yaitu Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Krisis Kesehatan di Kabupaten Ende yang dibawakan Maria Agustina P Tondong, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Ende. Urgensi Praktik Interprofesi Dalam Meningkatkan Keamanan Pasien pada Penanganan Bencana oleh Dominggos, Ketua HIPGABI Provinsi NTT. Peran Tenaga Keperawatan Dalam Penanggulangan Bencana oleh Aris Wawomeo, Ketua Prodi DIII Keperawatan Ende.

Selain itu, Peran Institusi Pendidikan Tenaga Keperawatan Dalam Penanggulangan Bencana oleh Sisilia Leny Cahyani, Prodi DIII Keperawatan Ende, Aspek Etik Legal Keperawatan oleh DPD PPNI Kabupaten Ende. (kr7/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!