TNI, Polri dan Dinkes Fogging di Noemuti – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

TNI, Polri dan Dinkes Fogging di Noemuti

FOGGING. Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Roni Junaidi dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Laka saat turun tangan untuk melakukan fogging guna mencegah penyebaran penyakit DBD dan Covid-19 di terminal bus Kefa, Sabtu (21/3).

PETRUS USBOKO/TIMEX

Cegah Penyebaran DBD dan Covid-9

KEFAMENANU, TIMEX – Mengantisipasi penyebaran Covid-19, TNI dan Polri di Kabupaten TTU bekerja sama dengan Dinas Kesehatan menggelar kegiatan kerja bakti bersama yang berlangsung di beberapa titik yang ada di Kota Kefamenanu dan sekitarnya, Sabtu (21/3).

Kegiatan bersama yang dilakukan sebagai langkah awal untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan penyebaran penyakit menular lainnya seperti demam berdarah dengue (DBD) yang kian merajalela di wilayah tersebut.

Pantauan Timor Express, kerja bakti bersama yang dilakukan TNI, Polri dan Dinas Kesehatan membersihkan sampah dan dilakukan fogging untuk memutus penyebaran wabah penyakit menular yang dipimpin Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Laka.

Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas kepada Timor Express, Sabtu (21/3) mengatakan, pihaknya bersama TNI dan Dinas Kesehatan melakukan kegiatan kerja bakti bersama di beberapa titik yang terdapat di Kota Kefamenanu dan sekitarnya.

Dikatakan, kegiatan kerja bakti yang melibatkan seluruh stakeholder di Kabupaten TTU, dilakukan agar dapat mencegah penyebaran Covid-19 dan juga penyakit menular lainnya seperti DBD.

“Kami melakukan pembersihan sampah yang dapat menampung air hujan, sehingga bisa berpotensi menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk DBD di terminal bus Kefamenanu dan di beberapa fasilitas umum di Kecamatan Noemuti,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain melakukan pembersihan sampah, pihaknya juga melakukan fogging, yang dilakukan anggota Polres dan Kodim 1618/TTU bekerja sama dengan Dinas Kesehatan.

Fogging dilakukan untuk memutuskan rantai penyebaran wabah penyakit menular sehingga tidak menambah jumlah korban yang menderita penyakit menular.

“Setelah kita bersihkan sampah langsung kita ikuti dengan fogging sehingga wabah penyebaran penyakit menular langsung dibunuh,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Roni Junaidi kepada Timor Express menambahkan, selain melakukan aksi membersihkan sampah dan fogging, pihaknya memberikan penyuluhan sekaligus imbauan kepada masyarakat terkait pola hidup bersih dan sehat dalam mengatasi penyebaran virus corona dan DBD di Kabupaten TTU.

Roni menambahkan, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat untuk menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antarmanusia dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang. Untuk itu, semua masyarakat hanya bisa bekerja di rumah tanpa bepergian di luar rumah.

“Kita mengimbau kepada keluarga yang habis bepergian dari daerah epidemi Covid–19 untuk melakukan karantina diri di rumah selama 14 hari dan menjaga kontak fisik dengan sesama dengan menjaga jarak kurang lebih 1 meter, menjaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan sehabis kegiatan dengan menggunakan hand sanitizer,” jelasnya (mg26/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!