Fokus Perbaikan Pemilu ketimbang Partisipasi – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Fokus Perbaikan Pemilu ketimbang Partisipasi

JAKARTA, TIMEX–Tingkat partisipasi pemilih pada pemilu tahun ini telah melampaui target. Meski demikian, KPU belum berani berproyeksi untuk pemilihan-pemilihan berikutnya. Sejumlah pekerjaan rumah lain justru lebih perlu dipikirkan, baik dari sisi penyelenggaraan, peserta, maupun level edukasi pemilih.
Sebagaimana diberitakan, partisipasi pemilih pada pemilu kali ini mencapai 81,97 persen. Tertinggi sejak pemilu 1999 yang mencatatkan partisipasi 92,99 persen. Lonjakannya pun cukup tinggi bila dibandingkan Pemilu 2014 yang mencatatkan partisipasi 69,58 persen di pilpres dan 75,11 persen di pileg.

Komisioner KPU Viryan Azis menjelaskan, KPU lebih mementingkan kualitas penyelenggaraan dibandingkan partisipasi pemilih. Sebab, peningkatan kualitas pemilu pada akhirnya akan berbanding lurus dengan peningkatan partisipasi. Karena itu, bila ingin meningkatkan partisipasi pemilih, pemilunya harus semakin baik. “Jadi, kita lihat nanti,” ujarnya.

Menurut Viryan, ke depan pemilu harus berjalan lebih baik. Kualitas peserta juga meningkat dan pemilih juga harus semakin teredukasi dalam hal demokrasi. “Sehingga terjadi peningkatan partisipasi yang juga bermakna peningkatan itu sebagai bentuk pemilih berdaulat,” terangnya. Artinya, tercipta sebuah kesadaran bahwa penggunaan hak pilih merupakan hal penting.
Menurut Viryan, peningkatan partisipasi terjadi karena masyarakat begitu antusias dengan Pemilu 2019 yang untuk kali pertama berlangsung serentak. “Kedua, masyarakat percaya bahwa pemilu bisa berlangsung secara demokratis,” lanjutnya.
Kemunculan sejumlah gerakan yang mengajak masyarakat untuk golput, lanjut Viryan, rupanya tidak berarti apa-apa. “Itu menunjukkan bahwa masyarakat meyakini pemilu sebagai satu mekanisme memilih pemimpin secara luber dan jurdil,” imbuhnya. Ditambah lagi, pada pemilu kali ini, harapan pemilih kepada peserta pemilu juga begitu tinggi. (byu/c17/fat/jpg/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!