Para Tokoh NTT Sambut Kapolda Baru – Timor Express

Timor Express

METRO

Para Tokoh NTT Sambut Kapolda Baru

TIBA KUPANG. Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. H. Hamidin bersama istri saat tiba di VIP Bandara El Tari Kupang, Selasa (17/9).

INTO HERISON TIHU/TIMEX

Hari Ini Sertijab di Kupang

KUPANG, TIMEX – Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. H. Hamidin tiba di Bandara El Tari Kupang, Selasa (17/9) sekira pukul 21.10 menggunakan maskapai Garuda dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar.

Hadimin yang didampingi istrinya itu disambut Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Jhoni Asadoma serta pejabat teras Polda NTT dan Polres-polres. Turut menyambut Kapolda NTT, yakni Sekretaris Daerah NTT, Ben Polo Maing, Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man, Anggota DPRD NTT, Muhamad Ansor dan beberapa tokoh lainnya. Mantan Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) itu langsung diarahkan ke ruang VIP Bandara El Tari dan dilanjutkan dengan jamuan makan malam bersama.

Terkait Kapolda yang baru, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan NTT saat ini masih direcoki dengan kasus pencurian ternak. Lebih khusus di Pulau Sumba.

Viktor berharap di bawah kepemimpinan Kapolda yang baru, polisi di NTT semakin bagus kinerjanya.
“Pencurian-pencurian ternak di Sumba, kan gubernur sudah omong untuk menindak dengan tegas. Jadi menurut saya, dengan kapolda yang baru, juga terus untuk melanjutkan apa yang telah disampaikan oleh pemerintah provinsi. Kita harapkan tidak terlalu lama lagi itu pencuri-pencuri sapi akan bersih di Sumba,” tandas Viktor.

Selain Sumba, mantan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI itu juga mengingatkan terkait banyaknya pencurian hewan liar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Bahkan seluruh lokasi wisata harus ikut diamankan. Mengingat pemerintah Provinsi NTT telah menetapkan pariwisata sebagai prime mover ekonomi.

Terpisah, Ketua Sementara DPRD NTT, Yunus Takandewa mengucapkan selamat datang Kapolda yang baru, Irjen Pol Hamidin. “Dewan berharap, jadikan NTT sebagai rumah sendiri. Rumah Nusa Terindah Toleransinya,” kata Yunus.

Sebagai mitra pemerintah, kata Yunus, DPRD mendukung pelaksanaan tugas Kapolda yang baru untuk menjadikan NTT sebagai provinsi yang selalu aman dan damai. Selama ini, lanjut dia, tugas kepolisian sudah sangat memadai dengan situasi yang sangat kondusif. Juga sangat proaktif membangun koordinasi dan komunikasi di lingkup Forkopimda. “Kesan ini sangat positif membangun NTT yang lebih maju ke depan,” tutupnya.

Sementara itu, Sebagai Ketua Harian Kamar Dagang Industri (KADIN) NTT, Theo Widodo berharap Kapolda NTT yang baru bisa menciptakan kondisi di Provinsi NTT lebih kondusif. Sebab dengan kondisi yang kondusif, semua aspek termasuk iklim usaha dan investasi bisa berjalan baik dan lebih berkembang.

“Sekarang ini iklim investasi masih saja terganggu dengan persoalan kepemilikan tanah/lahan. Kami berharap, Polda NTT di bawah kepemimpinan yang baru, beserta lembaga penegak hukum lainnya bisa menyelesaikan persoalan-persoalan semacam ini. Dengan adanya kepastian hukum terkait kepemilikan tanah, investasi tentu akan berjalan lancar,” jelasnya.

Theo juga berharap, pihak kepolisian tidak membuat pengusaha merasa takut dalam berinvestasi. Misalnya dengan mencari-cari kesalahan pengusaha, hanya karena ada kepentingan dan merasa lebih dekat dengan pengusaha yang lain. “Jika ada oknum pengusaha yang benar-benar salah atau melanggar hukum, silakan kepolisan menindaknya sesuai dengan hukum berlaku. Tapi jangan mencari-cari kesalahan pengusaha. Begitu juga dengan masyarakat kecil yang mencari keadilan di dalam hukum,” katanya.

Berbekal pengalaman sebagai Kapolda Sulawesi Selatan, Theo yakin, Irjen Pol. Hamidin bisa mewujudkan harapan besar Kadin NTT serta harapan masyarakat NTT pada umumnya.

Tuntaskan Kasus-kasus yang Mandek

Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Yorhan Yohanis Nome, SH., M.Hum, berharap dengan pergantian kapolda di NTT bisa menangani dan menindaklanjuti kasus-kasus yang sudah berulang tahun atau mandek.

Dikatakan, kasus yang belum diselesaikan adalah kasus-kasus korupsi. Padahal NTT sendiri dikenal sebagai daerah termiskin, namun korupsinya sangat tinggi. “Ada yang sudah ditindaklanjuti namun hanya orang-orang yang istilahnya kelas teri yang ditindak, sehingga citra hukum ini menjadi terpuruk karena hukum yang ditempatkan sebagai panglima belum menjangkau sampai ke level para elit,” ujarnya. Ia menambahkan selain kasus korupsi, ada pula kasus yang lain seperti human trafficking. Bahkan Gubernur NTT terpaksa harus turun tangan dan mengeluarkan ancaman yang menjadi polemik di masyarakat. “Padahal apa yang disampaikan Pak Gubernur itu benar adanya karena penanganan kasus ini berjalan di tempat sehingga diharapkan Kapolda yang baru untuk bercermin dari pengalaman yang ada agar dapat menyelesaikan kasus dan persoalan hukum lainnya,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Irjen Pol. Drs. Raja Erizman yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik dan akan melanjutkan tugasnya di Mabes Polri. Kepada Irjen Pol. Drs. Hamidin yang melanjutkan tongkat ekstafet kepemimpinan Kapolda NTT diharapkan sepenuhnya untuk meningkatkan kinerja positif dari kapolda sebelumnya sebagai suatu keberhasilan yang terus ditingkatkan hasilnya. “Kita masyarakat NTT sangat berharap proses penyelesaian kasus di Polda NTT,” turupnya.

Disambut dengan Tari-Tarian

Berbagai rangkaian kegiatan serah terima jabatan Kapolda NTT pun sedang dipersiapkan. Dijadwalkan Rabu (18/9) hari ini dilakukan serah terima Pataka Catya Turangga Wira Sakti sekaligus tarian masal penyambutan Kapolda baru.

Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Johanis Asadoma, M.Hum kepada Timor Express di ruang kerjanya, Selasa (17/9) mengatakan penyambutan Kapolda baru ditandai dengan upacara penyerahan pataka. Setelah itu, laporan satuan dari pejabat lama kepada pejabat baru.

Upacara tersebut sekaligus mengawali Kapolda NTT yang baru berkantor di hari pertama dan diiringi tarian gemufamire dan goyang Flobamora. “Upacara ini ditandai dengan tarian masal yang diikuti oleh para anggota Polri Polda NTT saat upacara penyambutan dan pelepasan kapolda baru dan lama,” ungkapnya.

Mantan atlet tinju ini mengatakan mutasi Kapolda merupakan hal yang biasa dan sering dilakukan di tubuh Polri. Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Irjen Pol. Drs. Raja Erizman atas dedikasinya selama memimpin di NTT. Selain itu, Jhoni juga menyampaikan selamat datang kepada Irjen Pol. Drs. Hamidin sebagai Kapolda NTT yang baru. “Sebelumnya Pak Irjen Hamidin menjabat sebagai Kapolda Sulsel dan pindah tugas ke NTT,” katanya.

Sebagai Wakapolda NTT, dirinya menyatakan komitmennya mendukung dan bekerja sama dengan Kapolda yang baru untuk menciptakan kondisi kamtibmas yang aman di NTT serta mendukung program pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat NTT. “Kita selalu siap menjalankan tugas dan komitemen untuk menjaga kamtibmas di wilayah hukumPolda NTT dan tentunya mendukung program pemerintah NTT,” ungkapnya.

Selain acara penyambutan, akan digelar juga acara pisah sambut yang akan berlokasi di Hotel Swiss Bellin Kupang. (mg29/cel/tom/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!