Parpol Mulai Timbang Nama Calon – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Parpol Mulai Timbang Nama Calon

ILUSTRASI; NET

Pilkada 2020

Kader Golkar Sosialisasi, Demokrat-PAN Bentuk Tim

Kupang, TIMEX – Tahapan Pilkada serentak 2020 segera dimulai. Partai politik mulai melakukan persiapan. Bahkan, PDIP mulai membuka pendaftaran calon bupati-wakil bupati.

Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Melki Laka Lena kepada Timor Express, Selasa (17/9) mengatakan saat ini seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar ke Golkar, masih dalam tahapan sosialisasi. Mereka sudah mendaftar ke DPD II, DPD I dan juga di DPP Golkar. “Bagi bakal calon yang belum mendaftar, kalau sudah dapat persetujuan dari DPD Partai Golkar Kabupaten dan DPD Partai Golkar Provinsi NTT, bisa mendaftar di DPP Partai Golkar Koordinator Bidang Pemenangan Indonesia Timur,” jelas Melki.
Sementara itu, Ketua DPD Hanura NTT, Refafi Gah kepada koran ini menjelaskan, pihaknya masih dalam komitmen untuk mengusung kader internal di Pilkada 2020. Salah satunya adalah di Pilkada Sumba Timur.

Refafi sebutkan, ia mendorong dua nama, yakni Tirta Samuel Mehang dan Pdt. Abraham Litinau. Menurut dia, Tirta merupakan kader sekaligus pengurus Partai Hanura. “Dia pebisnis dan punya usaha di Surabaya juga. Anak muda yang sudah sukses dan kaum milenial. Rendah hati dan cukup secara ekonomi,” kata Ketua Fraksi Hanura DPRD NTT itu.

Sementara Abraham Litinau merupakan salah satu calon bupati Sumba Timur pada pilkada sebelumnya. Abraham yang juga mantan Anggota DPRD NTT itu sempat diusung Partai Hanura yang juga berkoalisi dengan Partai Gerindra.

“Kita usung mereka untuk maju di nomor satu. Tetapi bisa juga nomor dua, tergantung kecocokan dan juga tergantung figur yang diberikan oleh koalisi,” sambung dia.

Sebelumnya, Hanura juga mendorong kadernya di Kabupaten TTU untuk ikut bertarung pada pilkada TTU 2020. Salah satu kader terbaiknya, yakni Yasintus Naif yang kini menjabat Ketua DPC Hanura TTU pun siap mengemban amanat partai.

Partai Demokrat pun meminta kader-kadernya yang ingin bertarung untuk terus turun ke masyarakat. Walaupun saat ini pendaftaran belum resmi dibuka, namun kader internal wajib turun ke rakyat. “Kita belum buka pendaftaran, karena masih menunggu juklak dari DPP,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrat NTT, Ferdinand Leu, kemarin.

Ia juga menyebut beberapa kader Partai Demokrat yang siap bertarung di Pilkada 2020, seperti Thobias Uly di Sabu Raijua, John Lado Kabba di Sumba Barat, Fidelis Pranda dan Fredy Pantas di Manggarai Barat, dan Emanuel Wempy di Malaka serta Willy Lay di Belu. “Kader-kader Demokrat yang mau maju pilkada di daerahnya justru harus mulai kerja, sosialisasi diri di lapangan. Jangan tunggu pendaftaran dan penetapan sebagai pasangan calon,” ujar Ferdinand.

Lebih lanjut, dia mengatakan dalam waktu dekat DPP Partai Demokrat akan mengeluarkan petunjuk pelaksana (Juklak) tentang pilkada. Diperkirakan akhir September sudah diterbitkan. Ini menjadi pedoman Demokrat membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati dalam rangka pilkada 2020 nanti.

Terpisah, Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi NTT, Marthen Lenggu mengatakan DPW PAN NTT baru saja membentuk tim pilkada. Tim ini akan melakukan persiapan terkait pendaftaran calon bupati-wakil bupati. “Tim internal kita sudah bentuk nanti tugasnya melakukan persiapan membuka pendaftaran calon,” ujar Marthen.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat, PAN juga akan membuka pendaftaran cabup-cawabup di daerah-daerah. Menurutnya, dari sembilan daerah penyelenggara pilkada 2020, PAN hanya mempunyai kursi di tujuh daerah. Dua daerah lainnya, yakni TTU dan Sabu Raijua tidak ada kursi. “Jadi di dua daerah ini kita tidak mengusung calon,” katanya.

Selain itu, saat ini, kata Marthen, PAN juga terus menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik untuk membangun koalisi. Pasalnya, di semua daerah dipastikan harus ada koalisi. “Jadi komunikasi dengan partai lain masih terus dilakukan,” kata Marthen. (cel/sam)

Sejumlah Nama yang Ditimbang Parpol

Sumba Timur:
1. Matius Kitu
2. Abraham Litinau
3. Tirta Samuel Mehang
4. Umbu Lili Pekuwali
5. Kristofel Praing

Sabu Raijua:
1. Thobias Uly
2. Takem Radja Pono
3. Nikodemus Rihi Heke
4. Orient Riwu Kore

Belu:
1. Willy Lay
2. Agus Taolin
3. J. T. Ose Luan
4. Jonisius Mali
5. Apolonaris Da Silva

TTU:
1. Gabriel Manek
2. Aloysius Kobes
3. Dolvi Kollo
4. Yohanes Usfunan
5. Wellem Foni
6. Amandus Nahas

Malaka:
1. Stef Bria Seran
2. Louise Lucky Taolin
3. Joseph F.X. Un



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!