Tumbuhkan Wirausaha Muda Pertanian, Polbangtan Malang Gelar Bimtek di SMK-PP Negeri Kupang – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Tumbuhkan Wirausaha Muda Pertanian, Polbangtan Malang Gelar Bimtek di SMK-PP Negeri Kupang

SAMBUTAN. Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP memberi sambutan saat pembukaan Bimtek PWMP di aula Nicolas Bait, SMK PP Negeri Kupang, Kamis (19/9). (FOTO. Ist.)

OELAMASI-Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pola Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP), Koordinator Wilayah (Korwil) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang yang meliputi wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang. Bimtek yang dimulai pada Kamis (19/9) itu akan berakhir Sabtu besok (21/9).

Bimtek PWMP yang dilaksanakan di Aula Nicholas Bait SMK-PP Negeri Kupang itu dikhususkan untuk peserta tahap penumbuhan dan pengembangan. Yang menjadi peserta Bimtek tidak hanya berasal dari SMK-PP Negeri Kupang, namun ada peserta lain di provinsi NTT.

Aisy Nurkarimah, S.ST saat memberikan materi dan pengalaman dalam menjalani PWMP sebagai salah satu narasumber Bimtek PWMP di SMK-PP Negeri Kupang, Kamis (19/9). (FOTO: Ist.)

Untuk diketahui, Provinsi NTT masuk dalam korwil Polbangtan Malang. Adapun universitas rekanan yang menjadi penerima bantuan modal PWMP adalah Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP saat sambutan pembukaan mengatakan, pengembangan SDM merupakan hal penting dalam upaya memajukan negara. Dan bimbingan teknis yang dilaksanakan ini merupakan upaya mengembangkan kualitas SDM agar dapat diandalkan dalam usaha memajukan bangsa ini.

“SDM merupakan hal yang krusial dalam pengembangan negara ini, yang dapat dilakukan melalui pendidikan, penyuluhan maupun pelatihan,” ungkap Stepanus Bulu.

Menurutnya, pembangunan kualitas SDM dapat mendukung tercapainya keinginan bangsa Indonesia yakni menjadi lumbung pangan dunia. PWMP sendiri, kata Stepanus Bulu, merupakan program yang diharapkan dapat menumbuhkan start-up di bidang pertanian, yang dimotori oleh anak-anak muda Indonesia.
Karenanya, Stepanus Bulu berpesan agar peserta PWMP fokus mengikuti kegiatan Bimtek dan mengadopsi hal yang positif dari kegiatan ini.

Untuk diketahui, sesuai agenda yang disiapkan panitia, Bimtek PWMP tahap penumbuhan dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada 19 – 21 September 2019. Sementara Bimtek PWMP tahap pengembangan dilaksanakan selama dua hari, pada 19 – 20 September 2019.
Untuk membekali para peserta Bimtek, panitia menghadirkan sebanyak sembilan pemateri yang piawai dalam hal penumbuhan dan pengembangan wirausaha muda di bidang pertanian. (*/aln)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!