VBL Akhirnya Pulang – Timor Express

Timor Express

METRO

VBL Akhirnya Pulang

TIBA DI EL TARI. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat tiba di Bandara El Tari, Kupang, Senin (21/10) disambut para pendukung dan ASN lingkup Pemprov NTT.

FOTO IST

Seleksi Menteri KIK Jilid II
Pengamat: Ada yang Misterius

KUPANG, TIMEX – Beberapa hari terakhir, para pendukung Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) sedih karena ditinggal pergi Viktor ke Jakarta dalam rangka seleksi menteri di Kabinet Indonesia Kerja Jilid II.

Tak heran, ketika batal jadi menteri, para pendukungnya bereuforia. Bahkan ada seremoni penjemputan VBL di bandara El Tari, Senin (21/10) sore. VBL kembali ke NTT ditemani sang ibu, Orpa Laiskodat Kaseh.

Namun, kepulangan VBL memantik pertanyaan baru. Pengamat politik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Mikhael Rajamuda Bataona menjelaskan membaca fenomena kembalinya Gubernur VBL dengan beberapa pernyataannya sebelum ke Jakarta dan pasca kembali dari Jakarta, bisa dibaca bahwa ada sesuatu yang memang masih misterius bagi masyarakat.

Meskipun sikap profesional dan ksatria seorang Gubernur Viktor patut diapresiasi. Bahwa beliau akhirnya lebih memilih tetap memimpin NTT ketimbang menjadi menteri. “Soal ada spekulasi bahwa di balik ini semua ada misteri atau awan hitam yang tidak bisa dibuka ke publik. Saya kira wajar saja dan normal dalam politik. Karena masyarakat saat ini dengan adanya media sosial bisa bebas berspekulasi,” kata Mikhael.

Ia menambahkan, masyarakat media sosial adalah negara virtual tanpa hukum dan mereka bisa saja menebarkan beragam asumsi dan hipotesa politik. “Jadi menurut saya jika dibaca secara semiotika politik, ada semacam kebergandaan makna dalam peristiwa politik yang dialami Gubernur Viktor ini. Bisa diinterpretasi sebagai sebuah peristiwa biasa dan bisa juga dibaca sebagai sebuah peristiwa politik yang penuh misteri,” kata Mikhael.

Sementara itu, saat tiba di Bandara El Tari, VBL pun mengaku kaget dengan penyambutan yang dibuat perwakilan dari para pendukung. VBL pun langsung dicegat awak media. “Melalui diskusi dengan partai dan mereka memahami betul bahwa pembangunan di NTT dilanjutkan. Maka saya ditugaskan untuk menyelesaikan tugas saya. Ini keputusan partai dan saya harus menyelesaikan tugas di NTT. Saya senang sekali,” kata VBL singkat.

Terpisah, Ketua Fraksi NasDem, Ahmad Ali, membenarkan informasi Viktor yang menolak jabatan menteri. “Dia merasa NTT lebih membutuhkan dia saat ini, ditambah lagi penolakan masyarakat yang tidak menghendaki dia meninggalkan NTT,” kata Ahmad.
“Mestinya Pak Jokowi lebih tahu karena beliau punya telinga lebih banyak,” kata Ahmad.

Ia menyebutkan, dari NasDem, terdapat beberapa nama yang digadang-gadang menjadi menteri di antaranya Viktor Laiskodat dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G. Plate. Sempat beredar informasi, Viktor akan menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Johnny sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Ketika dikonfirmasi, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan dirinya tidak mengetahui kader partainya yang masuk dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf. “Saya belum tahu. Saya belum dapat konfirmasi apapun. Barangkali saya yang paling terakhir tahu,” kata Surya Paloh, di area Gedung DPR RI.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi NTT Marius Jelamu mengatakan Jokowi telah dua kali menawarkan jabatan menteri kepada Victor. Pertama, saat kunjungan ke Labuan Bajo Agustus lalu. Presiden lalu kembali menyampaikan pesan serupa saat berkunjung ke Kupang bersama Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Pada Senin (201/10), Presiden Jokowi memanggil beberapa calon menteri, namun belum terlihat yang berasal dari partai NasDem. Beberapa calon menteri yang menghadap Jokowi di antaranya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, bos Gojek Nadiem Makarim, Komisaris Utama Net Mediatama Televisi Wishnutama, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (*/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!