SIAP MELAYANI – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

SIAP MELAYANI

Lexi B.Pontus for TTU

Nama Alex B. Pontus pernah menghiasi kancah perpolitikan Timor Tengah Utara (TTU). Lexi- sapaan akrabnya- pernah menjabat sebagai anggota DPRD TTU periode 2004 – 2009 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selama menjadi.wakil rakyat, Alex Pontus telah banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan TTU, terutama dalam pemberdayaan masyarakat, memberikan masukan kepada pemerintah daerah dan memiliki integritas yang tinggi.

Kemampuannya dalam mengorganisir juga tidak diragukan lagi dalam dirinya. Ia sudah banyak pengalaman dan telah lama berkecimpung di sejumlah organisasi, baik masih berstatus mahasiswa maupun setelah tamat dari kampusnya.

Tercatat, semasa kuliah di Fakultas Ekonomi Unwira Kupang, ia menjabat sebagai Sekretaris Senat FE Unwira. Aktif di Organisasi PMKRI Cabang Kupang. Setelah tamat, ia terlibat dalam penanganan pengungsi Timor Leste bekerja sama Pemprov NTT, Perguruan Tinggi NTT dan Unicef. Ia juga aktif di Komunitas Sant Egidio Tahun 2003 dan pada Tahun 2005 ia diundang mengikuti Pertemuan Internasional di Roma – Italia untuk bicara tentang Perdamaian Dunia. Ia juga tercatat sebagai Guru pada SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu.

Saat ini, figur yang aktif di organisasi kemanusiaan sejak Tahun 1999 ini merupakan Wakil Ketua DPD Partai Nasdem sejak Tahun 2012. Lexi merupakan salah satu tokoh dibalik lahirnya partai besutan Surya Paloh itu di TTU pada Tahun 2012.

Kini, namanya mulai santer terdengar ketika dirinya digadang-gadang maju sebagai Calon Wakil Bupati TTU periode 2020-2025 yang bakal diusung Partai Nasdem TTU. Sebagai kader partai dan pendiri partai Nasdem di TTU, ia sangat layak diusung dari partai tersebut.

Lexi, yang adalah cucu dari seorang Bangsawan Biboki Markus Saka Tmaneak (Alm) ini dinilai sangat pantas mendampingi calon bupati yang diusung Partai Nasdem. Ia sudah sangat dikenal di kabupaten yang berbatasan dengan Distrik Oekusi-Timor Leste itu. “Lexi Pontus bisa dikategorikan sebagai wajah segar politik TTU masa depan,” begitu komentar para pendukung Alumni Fakultas Ekonomi Unwira-Kupang ini.

Sebagai bagian dari Rakyat TTU, sudah saatnya bagi Alex Pontus untuk terjun kembali ke dunia politik sebagai Wakil Bupati. Apalagi ia memiliki visi dan misi yang jelas dalam pembangunan daerah TTU. Sebagai kaum muda, ia ingin agar peran kaum muda lebih nyata lagi dengan mempersiapkan diri bertarung pada kontestasi Pilkada Serentak.
“Kita mau, kaum muda muncul dan mau bertarung sebagai sosok yang berkonstribusi dan berpengaruh pada perubahan di TTU,” tuturnya.

Baginya, ia berani memproklamirkan diri untuk bertarung di Pilkada TTU 2020, semata – mata hanya untuk pengabdian buat rakyat dan daerah TTU dengan merubah cara pandang masyarakat tentang politik kekuasaan membangun dinasti menjadi politik kekuasaan demokrasi yang melayani.

Perubahan pola pikir dari berbagai aspek merupakan tuntutan reformasi agar meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat di TTU. Sebab, pelayanan publik yang prima merupakan suatu tuntutan masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

Selama ini, politik banyak mengalami penyempitan makna, demokrasi kehilangan substansi. Politik diterjemahkan hanya sebatas cara mencapai kekuasaan. Padahal, politik sesungguhnya merupakan sarana mencapai kondisi sosial masyarakat yang layak. Dan politik adalah usaha mencapai tatanan masyarakat yang baik dan berkeadilan. Jabatan politik hanyalah alat untuk dapat menghasilkan kebijakan yang memihak kepentingan masyarakat.
“Entri poinya adalah pendidikan dan ketrampilan yang di tuntun iman, pembentukan karakter kerja keras, jujur dan berwawasan maju,” ujar aktivis IMATTU semasa kuliah ini.

Mantan anggota DPRD TTU berkeyakinan, di tangan kaum seperti dirinya, bisa merubah paradigma politik dari paradigma dilayani menjadi melayani. Dengan demikian pembangunan di TTU yang selama ini sudah berjalan bisa terus dilakukan penyempurnaan.

Seperti dengan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur, ekonomi masyarakat, pertanian, pendidikan, kesehatan, penataan lingkungan dan lain sebagainya. Karena baginya, untuk menghasilkan figur pemimpin yang layak tidak terlepas dari track record, pelayanan kepada masyarakat, integritas dan kemampuan figur yang didukung. Alex telah mampu membuktikannya.Kemampuannya dalam mengorganisir juga tidak diragukan lagi dalam dirinya. Ia memiliki banyak pengalaman dan telah lama berkecimpung dalam pelayanan kemasyarakatan, baik di bidang politik maupun di bidang sosial.(*/yl)

Visi dan Misi Calon Wakil Bupati TTU dari Partai Nasdem TTU

Visi
Mewujudkan masyarakat TTU yang berkarakter, beriman, trampil, mandiri dan sejahtera berdasarkan semangat pantang menyerah dan kebersamaan”

Misi
1. Memantapkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap program-program pembangunan guna menunjang percepatan revolusi mental dengan berbasis kepada pengetahuan dan ketrampilan yang dibangun diatas nilai nilai rohani dan toleransi
2. Memantapkan semangat cinta tanah air dalam prespektif wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Timor Leste
3. Perluas cakupan inovasi dan restorasi birokrasi demi tata kelola pemerintahan daerah yang bersih, efektif,akuntabel berbasis digitalisasi.
4. Melakukan percepatan pembangunan dibidang Pendidikan, kesehatan dan ekonomi demi meningkatkan Indeks pembangunan manusia.
5. Mengembangkan ekonomi masyarakat berbasis pertanian, perikanan,pariwisata dengan didukung infrastruktur yang memadai.
6. Melakukan percepatan pembangunan desa melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kualitas SDM dan mengembangkan produk unggulan desa.
7. Membangun infrastruktur jalan, transportasi, telematika, pengairan,pemukiman dan prasarana lingkungan.
8. Memperkokoh kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Visi dan Misi ini akan disesuaikan dengan visi dan misi calon Bupati TTU dan akan diimplementasikan ke dalam program – program pembangunan dengan merujuk pada Rencana Pembangunan Nasional dan Rencana Pembangunan Daerah Provinsi NTT.



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!