Pelajari Teknologi Drone, SMK-PP Ikut Pelatihan di Yogyakarta – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Pelajari Teknologi Drone, SMK-PP Ikut Pelatihan di Yogyakarta

PELATIHAN. Para peserta pelatihan pemanfaatan drone menerima materi dari narasumber saat kegiatan di Hotel Arjuna Yogyakarta, Agustus 2019 lalu. (FOTO: Humas SMK-PP Negeri Kupang)

Membangun Pertanian Berbasis Teknologi

OELAMASI-Guna menunjang optimalisasi pemanfaatan teknologi di era Industri 4.0, Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Pusat Pendidikan Pertanian melaksanakan kegiatan pelatihan pemanfaatan teknologi drone bagi pemangku kepentingan di bidang pertanian.

Kegiatan pelatihan dengan menggandeng CV. Buana Wirapersada, sebuah perusahaan konsultasi pemetaan dan GIS ini berlangsung selama empat hari di Hotel Arjuna Yogyakarta, tepatnya 5 – 8 Agustus 2019 lalu.

Humas Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, akhir pekan lalu menyebutkan, pelatihan ini diikuti oleh 10 peserta, terdiri dari para dosen, guru, maupun tenaga teknis lingkup BPPSDMP yang berasal dari Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Polbangtan Bogor, Polbangtan Malang, Polbangtan Manokwari, Polbangtan Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI ), Polbangtan Medan, Polbangtan Gowa, SMK-PP Sembawa, SMK-PP Banjar Baru, dan utusan dari SMK-PP Negeri Kupang.

Direktur Polbangtan Yogyakarta- Magelang, Dr. Rajiman SP, MP saat membuka kegiatan pelatihan itu mengatakan, visi Kementan RI adalah menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia tahun 2045.

Melihat visi tersebut dengan kondisi saat ini, dimana generasi milenial cenderung tidak memiliki ketertarikan dalam kegiatan budidaya pertanian, khususnya pertanian secara konvensional, sementara teknologi berkembang begitu pesat, maka Kementan RI berpikir untuk mengintegrasikan perkembangan teknologi 4.0 dalam bidang pertanian.

Perkembangan teknologi industri 4.0 menghasruskan pertanian dibangun berbasis teknologi. Karena itu, diperlukan teknologi yang dapat diintegrasikan ke dunia pertanian agar target visi tersebut tercapai.
“Pengembangan SDM yang kompeten merupakan syarat utama dalam mewujudkan hal tersebut,” kata Rajiman.

Para peserta pelatihan pose bersama. (FOTO: Dok Humas SMK-PP Neg. Kupang)

Terkait maksud tersebut, lanjut Rajiman, dilakukan pelatihan pemanfaatan teknologi drone untuk mendukung kegiatan di bidang pertanian. “Penggunaan drone selain untuk merekam video juga dapat digunakan untuk pemupukan, penaburan benih, dan penyemprotan pestisida. Selain itu, drone juga dapat dimanfaatkan untuk memetakan informasi mengenai lahan basah dan kering maupun mengklasifikasikan tanaman yang sakit,” jelas Dr. Rajiman.

Rajiman mengatakan, para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut tentunya bertambah wawasan dan pengetahuannya dalam pemanfaatan teknologi drone. “Dengan wawasan baru yang diperoleh ini, para peserta kiranya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa dan siswa dengan memperkenalkan teknologi drone kepada mereka,” kata Rajiman.

Rajiman berharap, dengan kemampuan pengoperasian teknologi drone, para peserta kiranya dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam membuat foto udara untuk pembuatan peta tematik yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan pertanian.

Direktur CV Buana Wirapersada, Didik Humam Zarodi, menyampaikan bahwa pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan pemahaman peserta dalam mengambil foto udara, mengakuisi, mengolah gambar menjadi sebuah peta tematik dengan informasi geospasial di dalamnya. (*/aln)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!