Jadilah Duta Sahabat Bagi Semua Orang – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Jadilah Duta Sahabat Bagi Semua Orang

KOMPAK. Kepala Kanwil Kemenag NTT, Sarman Marselinus pose bersama ibu-ibu Majelis Taklim Imadhul Bilad dalam acara syukuran Natal dan Tahun Baru bersama di Kantor Kanwil Kemenag NTT, Selasa (7/1).

IMRAN LIARIAN/ TIMEX

Natal Bersama di Lingkup Kanwil Kemenag NTT

KAYU PUTIH, TIMEX– Persekutuan Pegawai Kristen dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) NTT menyelenggarakan acara syukuran Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Acara syukuran Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini digelar di Kantor Kanwil Kemenag NTT, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Selasa (7/1) dan mengusung tema ‘Hiduplah Sebagai Sahabat bagi Semua Orang’.

Syukuran Natal dan Tahun Baru Persekutuan Pegawai Kristen dan DWP lingkup Kanwil Kemenag Provinsi NTT juga melibatkan pihak Kementerian Agama Kota Kupang dan Kementerian Agama Kabupaten Kupang. Turuy hadir,
FKUB Provinsi NTT, FKUB Kota Kupang, FKUB Kabupaten Kupang, Kakanwil dan pejabat eselon III dan IV serta ASN dan PTT lingkup Kanwil Kemenag NTT.

Ibadat syukuran Natal dan Rahun Baru bersama ini dipimpin Pdt. Sepi Hawu, S.Th, dari Gereja GMIT Imanuel Ponain, Amarasi, Kabupaten Kupang.

Pada kesempatan itu, Ketua DWP Kanwil Kemenag NTT Ny. Xaveria A. Ghunu-Sarman dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan sykuran Natal dan Tahun Baru bersama yang digelar keluarga besar Persekutuan Pegawai Kristen dan DWP lingkup Kanwil Kemenag Kota Kupang dan Kabupaten Kupang bertujuan untuk merajut kebersamaan.

“Melalui ibadah syukur, kita menyatakan pujian dan syukur kita kepada Allah atas kelahiran Yesus Kristus Sang Juru Selamat dunia. Melalui ibadah syukur ini kita menimba kekuatan rohani kita untuk bisa hidup sebagai sahabat bagi semua orang,” ujarnya.

Menurutnya, kehadiran semua tamu undangan dalam momentum tersebut sebagai tanda bahwa mereka adalah sahabat. “Kita semua siap menjadi tanda suka cita dan duta sahabat bagi siapapun yang kita jumpai dalam hidup harian kita,” tambahnya.

Perayaan Natal ini dapat terselenggara karena banyak dukungan dan partisipasi dari banyak pihak. Oleh sebab itu, dalam momentum tersebut, ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga acara tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Pada kesempatan yang sama,
Kepala Kanwil Kemenag NTT, Sarman Marselinus mengatakan, perayaan Natal tahun 2019 ini mengambil tema hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang” yang bermakna menjadi sahabat bagi semua orang.

“Tanggalkan segala keegoan, keangkuhan kita untuk menjadikan seseorang yang dinantikan, dirindukan oleh yang membutuhkan,” katanya.

Orang nomor satu di Kanwil Kemenag NTT menjelaskan bahwa di dalam persekutuan di lingkup Kanwil Kemenag NTT terdapat tiga paguyuban yaitu Paguyuban Sola Gratia merupakan gabungan ibu Dharma Wanita dan Bapak-bapak dari Bimas Kristen.

Kemudian Paguyuban Bonafide dari Bimas Katolik dan Majelis Taklim Imadhul Bilad dari Bimas Islam yang merupakan kumpulan ibu-ibu.

Dalam momentum tersebut ia mengapresiasi komitmen semua yang sudah mrmbangun keyakinan yang teguh terhadap Tuhan sehingga tidak kehilangan arah dan tujuan. “Kita juga ingin paguyuban ini menjadi payung, wadah, nafas dalam perjalanan tugas di Kanwil Kemenag NTT ini dalam memberikan pelayanan tugas yang maksimal kepada masyarakat,” sebutnya.

Suka cita perayaan Natal dan Tahun Baru itu, katanya, kiranya dapat mengikat semua serta menjalin tali persaudaraan antarsesama. Diakui, memiliki keberagaman yang luar biasa itu sangat indah. Diyakini juga bahwa keberagaman merupakan sebuah keindahan, kekuatan yang menghantar kepada tujuan yang sejati, bukan dengan mengingkari dan menghancurkannya.

Oleh sebab itu harus merawat dan memelihara keberagaman tersebut.
Hajatan seperti ini juga dimaknai sebagai bagian dari merawat keberagaman tersebut sehingga kebersamaan ini menjadi suka cita.

“Saya harapkan kepada tiga paguyuban tersebut menjadi penggerak, penuntun sampai dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya. Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap saudara-saudara yang nonkristitiani dalam memberikan kontribusi positif dengan suasana yang indah demi melancarkan kegiatan perayaan suka cita Natal dan Tahun Baru,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia, Uki Wilahida mengatakan, Natal kali ini adalah Natal pertama yang dilaksanakan oleh ASN Kristen dan DWP di lingkup Kanwil Kemenag Provinsi NTT. Natal merupakan suatu momen yang sangat penting dan bermakna untuk kehidupan manusia.

Tujuan Natal ini mengajak semua umat Kristen dan untuk semua agar menjadi sahabat bagi seluruh umat manusia.
Sementara Majelis Taklim Imadhul Bilad juga mempersembahkan lantunan lagu Qasidah menambah keharmonisan dan keindahan dalam bingkai keberagaman di momentum perayaan syukur Natal dan Tahun Baru. (mg22/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!