Tabrak Karang, KM Jabalnur Tenggelam – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Tabrak Karang, KM Jabalnur Tenggelam

DIEVAKUASI. Para korban KM Jabalnur yang tenggelam sementara dievakuasi dari laut di perairan depan Desa Seraya Maranu, Pulau Seraya Besar, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (4/1).

IST

Angkut 18 Ton Garam dari Sulsel ke NTB

KUPANG, TIMEX– Diduga tak mengetahui jalur pelayaran dengan baik, maka Kapal Motor (KM) Jabalnur yang sementara mengangkut 18 ton garam tenggelam diperairan laut NTT tepatnya di perairan depan Desa Seraya Maranu, Pulau Seraya Besar, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (4/1).

Naas yang terjadi pada KM Jabalnur tersebut terjadi sekira pukul 01.00 Wita. Namun demikian, nahkoda dan enam orang anak buah kapal (ABK) berhasil selamat. Sementara garam sebanyak 18 ton yang diangkut dari pelabuhan Jampea, Sulawesi Selatan (Sulsel) tujuan Kabupaten Bima, NTB tak bisa diselamatkan.

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol. Johannes Bangun yang dikonfirmasi koran ini, Senin (6/1) membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurut Jo Bangun sapaan akrab Kabid Humas Polda NTT, kapal nahas itu sebelumnya bertolak dari pelabuhan Jampea, Sulawesi Selatan, hendak menuju ke Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat dengan membawa muatan garam seberat 18 ton.

“Dalam perjalanan ke NTB, kapten kapal H.M.Nur mengalami sakit. Karena itu maka kemudi kapal diberikan ke seorang ABK atas nama Rusalan. Ini dilakukan ketika kapal sudah berada di depan Pulau Seraya Besar,” ungkap Mantan Kapolres Kupang Kota ini.

Saat menahkodai kapal bermuatan garam, diduga ABK tidak mengetahui arah berlayar kapal ke tempat tujuan. Karena itu maka terjadilah musibah tersebut yakni kapal menabrak karang. “Karena tabrak karang maka KM Jabalnur akhirnya miring dan tengelam,” tegasnya.

Adapun identitas nahkoda KM Jabalnur, H.M.Nur, Aco (ABK), Wawan (ABK), Zakaria (ABK), Isran (ABK) dan Yusran (Pengganti kapten) dalam kondisi selamat. “Para korban berhasil dievakuasi dan ditampung di rumah kepala desa Seraya, Kabupaten Manggarai Barat,” tutupnya. (mg29/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!