PT Kupang Kabulkan Upaya Banding Pemkot – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

PT Kupang Kabulkan Upaya Banding Pemkot

TUNJUKKAN BUKTI. Kuasa hukum Pemkot Kupang, Novan Erwin Manafe sementara menunjukkan surat pemberitahuan putusan Pengadilan Tinggi Kupang terkait gugatan eks tanah Pasar Oepura, Rabu (8/1).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Gugatan Tanah Eks Pasar Oepura

KELAPA LIMA, TIMEX– Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Kupang akhirnya mengabulkan upaya hukum banding yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui kuasa hukumnya Novan Erwin Manafe terkait perkara gugatan kepemilikian tanah eks Pasar Oepura Nomor: 16/Pdt.G/2019/PN Kpg. Gugatan kepemilikan atas tanah antara Kolan Junus Foenai selaku penggugat melawan Wali Kota Kupang selaku tergugat ini sebelumnya sudah diputuskan di Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Kupang.

Pada putusan tingkat pertama, Majelis Hakim PN Kelas 1A Kupang mengabulkan gugatan penggugat Kolan Junus Foenai. Atas putusan tingkat pertama itulah, maka Pemkot Kupang melalui kuasa hukumnya kembali menempuh upaya hukum lanjutan yakni banding ke PT Kupang hingga akhirnya upaya hukum banding Pemkot Kupang dikabulkan.

Alhasil, dengan bukti-bukti yang diajukan sebagai dasar banding oleh Pemkot Kupang, dikabulkan Majelis Hakim PT Kupang dan menyambut, membatal putusan yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim PN Kupang tertanggal 3 September 2019 lalu, melalui putusan Nomor 177/PDT/2019/PT.KPG tertanggal 25 November 2019.

Diketahui, dalam putusan tingkat banding tersebut mengadili dalam pokok perkara bahwa menyatakan gugatan terbanding yang semula penggugat tidak dapat diterima dan menghukum terbanding membayar biaya perkara senilai Rp 150 ribu.

Meski sudah ada putusan dari PT Kupang, namun terbanding atau penggugat masih diberikan waktu selama 14 hari untuk mengajukan kasasi setelah menerima pemberitahuan putusan dari PT Kupang.

Kuasa Hukum Pemkot Kupang, Novan Erwin Manafe kepada koran ini di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, Rabu (8/1) membenarkan putusan tersebut dan surat pemberitahuan yang ditujukkan ke pihaknya sudah terima. Novan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Majelis Hakim PT Kupang karena telah mencermati bukti-bukti dan memutuskan perkara gugatan tersebut secara objektif.

“Putusan ini sangat adil dan objektif sesuai bukti-bukti yang kita ajukan. Putusan ini juga merupakan salah satu kado istimewa untuk Pemkot Kupang karena melui proses yang panjang dan akhirnya mendapat hasilnya,” ujarnya.

Dijelaskan bahwa tanah yang disengketakan tersebut merupakan eks Pasar Oepura pada tahun 1970. Tanah yang digunakan untuk aktifitas jual beli itu tutup pada tahun 2003 lalu dibukalah Pasar Tani BTN dan Pasar Kasih Naikoten.

Ditambahkan juga, tanah tersebut semula masuk dalam daftar aset Pemerintah Kabupaten Kupang. Namun sejak tanggal 14 April 1997, oleh Pemkab Kupang dihibahkan ke Pemkot Kupang. “Bukti hibah itu tercatat pada berita acara serah terima aset dari Pemkab Kupang ke Pemkot Kupang. Jadi itu tercatat di aset bahwa tanah dan itu milik Pemkot Kupang,” tandas Novan.

Lanjut Novan, meski sudah diputuskan oleh Majlei Hakim PT Kupang untuk membatalkan putusan PN Kelas 1A Kupang, namun masih ada upaya hukum lanjutan yakni kasasi atas putusan tersebut. Dan jika ada upaya hukum lanjutan dari pihak penggugat, maka pihaknya siap menghadapinya. “Intinya, kita siap dengan segala bukti yang ada jika ada upaya hukum lanjutan dari penggugat,” tegasnya. (mg29/gat)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!